aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Alasan Mengapa Anda Mudah Marah Saat Merasa Lapar

Monday, 17 April 2017 13:30:00 WIB | Carisya Nuramadea
Ini Alasan Mengapa Anda Mudah Marah Saat Merasa Lapar
Dalam keadaan lapar, seseorang mudah marah (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Hanger (hungry anger) adalah sebuah akronim dalam bahasa Inggris yang lazim untuk menunjukkan suatu kondisi ketika seseorang lapar dan di saat yang bersamaan merasa marah. Menunda makan dalam jangka waktu yang lama membuat kadar gula menjadi rendah. Akibatnya kita jadi lebih emosional, jengkel dan bahkan tidak mampu mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Tubuh kita memproses makanan yang kita makan, memecahnya menjadi nutrien tertentu yang membuat kita berfungsi normal setiap hari. Itu sebabnya makanan disebut juga ‘bahan bakar’ tubuh dan jika Anda membatasi asupan ‘bahan bakar’, kemampuan beraktivitas Anda menurun.

Frida Harju, seorang nutritionist dilansir dalam Prima menjelaskan:

“Bagi sebagian besar kita, rasa lapar bisa membuat kita jengkel, bingung dan kadang marah. Alasannya sederhana dan ini berhubungan dengan nutrien yang kita dapatkan dari makanan, juga reaksi otak jika nutrien ini habis. Selama kita makan, nutrien diserap tubuh, mengubah gula sederhana seperti glukosa, asam amino dan asam lemak. Sesaat setelah makan, jumlah glukosa dalam tubuh mulai menurun.”

Ketika organ dan otot kita bekerja tanpa glukosa, otak kita membutuhkannya supaya bisa bekerja normal. Karena glukosa menurun, kita jadi sulit berkonsentrasi dan mudah terdistraksi. Ini bisa menyebabkan kita merasa jengkel dan marah.

Kurangnya glukosa membuat otak kita mengirim sinyal ke beberapa organ tubuh untuk mengeluarkan hormon tertentu. Beberapa hormon antara lain kortisol dan adrenalin yang membuat kita merasa lapar sekaligus marah. Kondisi ini tidak mengenakkan karena bisa membuat aktivitas kita dan bahkan hubungan kita dengan rekan terganggu.

Jadi, jika agar Anda terhindar dari hangry, sebaiknya mulailah untuk memiliki diet seimbang dan pastikan Anda tidak menunda makan. Karena jika Anda merasa hangry, Anda cenderung akan mencari camilan yang tinggi kadar gulanya seperti coklat atau junk food yang tidak sehat dan mudah membuat Anda merasa lapar lagi.

Carilah camilan seperti kacang (almon adalah satu pilihan yang baik), buah seperti pear dan apel yang mengandung serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

(dea/wida)

Komentar