aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengaku Self-love, Ternyata Cuma Selfish

Wednesday, 3 March 2021 20:00:28 WIB | Wida Kriswanti
Mengaku Self-love, Ternyata Cuma Selfish
ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Istilah self-love saat ini tengah menjadi tren. Pun penerapannya, sangat terasa si berbagai bidang kehidupan. Sayangnya, self-love yang kini dipraktikkan orang - orang, nyatanya lebih cenderung mirip selfish, alih-alih self-love.

Apa ciri - cirinya self-love yang ternyata selfish? Diterangkan Anggia Chrisanti Darmawan, praktisi psikologi sekaligua founder sekolah keluarga SEKAR, tanda utamanya adalah terlihat minim validasi diri, sebagai berikut ini.

1. Super tidak percaya diri

Sedikit - sedikit merasa NOT OK / tidak cukup bagus. 

2. Butuh kompensasi berlebihan

Sangat butuh komentar (positif), pujian, keyakinan, dan kompensasi berlebihan.

Dengan dua ciri tersebut, dikatakan Anggia, alih -alih self-love, mereka justru selfish atau egois. "Tidak jelas tujuan hidup, terlalu banyak alasan dan sangat ketergantuan kepada orang lain (yang mendukungnya)," kata Anggia.

Mudah kita temui contohnya, misalnya di dunia media sosial. Mereka yang self-love, padahal selfish, biasanya bangga karena merasa telah menjadi diri sendiri, namun sesungguhnya hanya tidak mau mendengarkan orang lain. "Bentuk self-love mereka, untuk tidak peduli dengan omongan orang lain (terutama yang tidak mendukung)," kata Anggia.

Lantas bagaimana self-love yang sebenar -benarnya? Self-love adalah cara kita agar mencintai dan memperlakukan diri kita dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk menjalani kehidupan dan menyelesaikan berbagai permasalahan.

Dan bentuk mencintai diri sendiri bukanlah tindakan yang egois. Dengan mencintai diri sendiri, kita bahkan bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Bahkan ketika seorang wanita mampu mencintai dirinya sendiri, dia akan lebih percaya diri. Kepercayaan diri inilah yang akan memancar dan mampu dirasakan semua orang yang ada di sekelilingnya.

Komentar