aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sering Tak Disadari, Ini 6 Pertanda Anda Sedang Dilanda Stres

Saturday, 10 October 2020 02:00:23 WIB | AURA
Sering Tak Disadari, Ini 6 Pertanda Anda Sedang Dilanda Stres
Stres membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tanpa disadari, tubuh sering memberikan berbagai pertanda ketika dilanda stres. Sayangnya, pertanda ini sering diacuhkan karena kesibukan yang padat atau lebih parahnya lagi karena menganggapnya sepela.

Padahal, stres membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu yuk, lebih peka dan kenali tanda-tanda stres berikut:

Emosional
Panik dan rasa cemas akan mewarnai kesehariaan Anda yang mengalami stres berat, tanpa disadari. Respon ini merupakan mekanisme pertahanan alami dari tubuh.

Pola makan yang berubah
Stres umumnya terjadi akibat tingginya hormon kortisol yang dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori dan makanan manis. Jika tiba-tiba nafsu makan meningkat, bisa jadi Anda sedang diburu stres.

Siklus haid yang tidak teratur
Hormon prostaglandin akan meningkat ketika tubuh mengalami stres seperti dilansir laman Verily. Hormon ini akan memperparah kram selain membuat siklus haid menjadi tidak teratur.

Kurang tidur
Ketika stres, otak akan mengalami kesulitan bekerja dengan normal. Mereka yang mengalami stres juga akan mengalami kurang tidur. Padahal, kurang tidur akan membawa dampak negatif yang semakin memperparah stres yang dialami.

Munculnya jerawat
Jerawat hormonal yang muncul menjelang siklus haid juga bisa muncul akibat stres. Kurangnya jadwal tidur juga mengurangi waktu kulit utnuk beregenerasi.

Sakit kepala
Leher dan bahu yang tegang diikuti dengan sakit kepala adalah pertanda lain Anda dalam keadaan stres. Sakit yang timbul pada tulang belakang bagian bawah juga bisa disebabkan dengan stres.

Sumber: http://verilymag.com/2016/11/stress-symptoms-how-to-relieve-stress-what-is-stress-stress-test-anxiety

(yuri)

Komentar