aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Pernah Mimpi Gigi Copot atau Bugil? Ternyata Ini Artinya

Saturday, 3 October 2020 20:00:23 WIB | aura.co.id
Pernah Mimpi Gigi Copot atau Bugil? Ternyata Ini Artinya
Kalau mimpi yang sama datang berkali-kali, memang ada pertanda yang hendak disampaikan alam bawah sadar pada Anda. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - BUKAN main gelisahnya Miranda. Beberapa malam dalam sebulan ia bermimpi buruk mengenai hal yang sama. Dalam mimpi tubuh Miranda dirayapi ribuan serangga hidup yang menjijikkan. Ia terbangun di tengah malam dengan tubuh berkeringat dan tak bisa tidur lagi sampai pagi. Ia pun berangkat ke kantor dengan mata sembab dan mengantuk serta tubuh meriang. Di kantor ia sering melamun memikirkan apa sebenarnya yang mau disampaikan mimpi itu padanya.

Miranda sadar ia punya masalah besar dengan pacarnya, Bowo. Sudah 3 tahun mereka pacaran tanpa kepastian. Sebenarnya Miranda tahu mereka tak mungkin menikah. Selain beda agama, mereka tak sepaham dalam banyak hal. Miranda disiplin dalam keuangan, sedang Bowo boros dan punya banyak utang kartu kredit; Miranda menghormati orangtua dan dekat dengan keluarga, Bowo malah bermusuhan dengan ayah ibunya; Miranda ingin menikah, tapi Bowo pacaran untuk senang-senang saja; Miranda spiritual, Bowo justru hedonis.

Miranda tahu mereka harus segera berpisah. Namun keinginan berpisah diulur-ulur Miranda, sementara hubungan mereka semakin destruktif. Ia yakin, mimpi dirayapi serangga berkaitan dengan hubungannya yang membusuk dengan Bowo. Mau putus, rasanya sayang telah 3 tahun bersama. Tapi hubungan yang sudah tak sehat bagaimanapun harus diakhiri. Percaya tidak, setelah berani berpisah dengan Bowo, Miranda berhenti mimpi buruk.

Serupa Miranda, Anda pasti pernah didatangi mimpi yang sama berulang-ulang yang berkaitan dengan problem real yang sedang Anda hadapi. Apakah itu mimpi jatuh? Terbang? Dikejar-kejar? Kalau mimpi yang sama datang berkali-kali, memang ada pertanda yang hendak disampaikan alam bawah sadar pada Anda. Apalagi kalau dalam keseharian Anda benar sedang terlilit masalah pribadi yang pelik. Mimpi berulang-ulang menyampaikan pesan penting yang Anda abaikan. Mereka menjerit minta perhatian dan selalu berkaitan dengan masalah mendasar dalam hidup yang harus dicarikan jalan keluar. Sering kali Anda bukannya tak menangkap pesan mimpi. Kita tahu tapi berkeras mengabaikannya dan mimpi itu terus menghantui.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Tapi, bagaimana Anda menerjemahkan makna mimpi supaya tidak terjadi kekeliruan dalam mengambil keputusan? Memang harus hati-hati. Kebudayaan yang satu berbeda dari kebudayaan lain dalam memaknai mimpi. Ahli yang satu juga punya pendapat berbeda dari rekan sejawatnya. Hati-hati dengan buku tafsir mimpi yang cenderung menggunakan pendekatan supranatural.

Psikoanalis Gail Saltz M.D., asisten profesor di Rumah Sakit Presbyterian New York, penulis buku Becoming Real: Overcoming the Stories We Tell Ourselves That Hold Us Back (Putnam Pub Group, 2004), dan kontributor reguler acara Today (MSNBC)  secara ilmiah menjabarkan mimpi serta maknanya bagi kehidupan cinta. Buat yang bingung mau putus atau terus, menikah atau menundanya, menanti-nanti sang belahan jiwa yang entah di rimba mana, tulisan ini bisa membantu Anda mengambil keputusan serta terus berpengharapan. Tulisan ini dipetik dari buku Becoming Real: Overcoming the Stories We Tell Ourselves That Hold Us Back.

Tanya : Saya berkali-kali mimpi terjatuh. Saya dengar dari beberapa teman bahwa mimpi seperti ini mencerminkan perasaan tak aman. Karena pada kenyataannya saya merasakan hal itu, saya pun percaya ada yang ingin disampaikan mimpi pada saya. Saat ini saya khawatir kekasih saya akan mencampakkan saya sewaktu-waktu. Untuk mendapat lebih banyak wawasan, apa yang harus lebih saya perhatikan dari mimpi-mimpi saya?

Jawab : Anda benar menyimpulkan mimpi jatuh mencerminkan perasaan tak nyaman. Mimpi demikian biasanya dipicu perasaan gagal atau akan gagal dalam hubungan asmara. Mimpi tentu saja punya logikanya sendiri dan bisa membuat yang mengalaminya bingung dan terganggu. Mimpi juga mencerminkan harapan dan konflik serta bisa menjadi sumber informasi berharga. Mimpi juga bisa menolong memecahkan pesan-pesan bawah sadar yang tidak Anda sadari Anda kirimkan untuk diri sendiri.
Ada 6 tema mimpi paling umum yang bertalian dengan problem hubungan (relationship). Selain mimpi jatuh yang sudah dibahas di atas, tema mimpi paling umum lainnya adalah:

1.  Mimpi Bugil
Jenis mimpi ini menunjukkan pemimpinya terserang rasa malu dan rapuh. Apakah merahasiakan sesuatu atau tidak, Anda merasa ada orang tidak diinginkan yang bisa membaca pikiran Anda. Atau Anda takut menunjukkan perasaan Anda yang sesungguhnya dalam hubungan cinta.

2. Mimpi tentang Masalah Gigi
Apakah dalam mimpi gigi Anda copot? Ini mimpi yang mengisyaratkan problem penolakan. Atau Anda mungkin merasa tak berdaya, tak percaya diri, inferior, tak menarik, dan tak sanggup mempertahankan orang yang penting bagi Anda.

3. Mimpi Dikejar-kejar
Anda mungkin berusaha menghindari sesuatu. Bisakah Anda mengidentifikasi si pengejar? Ini penting untuk memperjelas hal apa yang sedang Anda hindari. Kalau orang atau hal yang mengejar Anda adalah bagian dari diri Anda sendiri, mimpi itu mungkin berkaitan dengan rasa takut dari dalam, seperti  hubungan yang tak sehat atau perilaku tak sehat.

4. Mimpi Terbang 
Beberapa mimpi terbang membuat takut, tapi ada juga yang mendatangkan perasaan senang. Mimpi terbang bisa mencerminkan daya kontrol, harapan untuk bisa mengendalikan sesuatu hal yang sukar dikendalikan, atau rasa cemas Anda telah terlalu ketat mengontrol sesuatu.

5. Mimpi Ujian
Ini jenis mimpi klasik tentang rasa cemas. Hampir semua orang pernah bermimpi berangkat ujian tanpa sempat belajar, memainkan alat musik yang tidak dikuasai, atau lupa dialog saat mementaskan drama. Mimpi ini mungkin sekali mengindikasikan Anda tak sesiap yang Anda harapkan. Anda mungkin merasa tak sanggup mengatasi tantangan atau tak yakin dengan kemampuan sendiri. Di lain pihak, mimpi menyenangkan tentang ujian berarti Anda sanggup mengatasi tantangan atau melampaui harapan.

Kesimpulan Dr. Gail Saltz: Dengan memandang mimpi sebagai alat bantu, Anda bisa lebih jauh memahami diri sendiri dan hubungan Anda dengan orang lain. 

Komentar