aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Jenis Teman yang Harus Dibuang Jauh-Jauh

Wednesday, 30 September 2020 04:00:23 WIB | aura.co.id
5 Jenis Teman yang Harus Dibuang Jauh-Jauh
Teman yang membawa pengaruh buruk akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Mengisi hidup dengan teman-teman yang selalu mendukung sungguh baik untuk kesehatan kita. Faktanya, sebuah studi dari Australia menunjukkan bahwa partisipan yang memiliki teman yang solid, hidupnya cenderung lebih lama. Sebuah studi dari Harvard menyimpulkan, kebahagiaan menular dari teman-teman yang menghabiskan waktu bersama kita.

Sebaliknya, teman yang membawa pengaruh buruk akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Sebelum hal itu terjadi, ketahui 5 tanda jika Anda berada dalam hubungan pertemanan yang beracun.

Dia selalu membutuhkan Anda

Tidak masalah jika seorang teman membutuhkan bantuan Anda, namun jika sangat bergantung akan sangat melelahkan dan mengambil hal terpenting di hidup Anda yaitu: waktu. “Seseorang akan mengandalkan temannya jika mengalami masalah emosional. Namun, ketika terus-terusan bergantung, ia menjadi teman yang ‘beracun’,” kata dr. Irene. S. Levine, psikolog dan pengarang buku Best Friends Forever.

Anda sebal melihatnya dan bahagia ketika dia pergi

“Pertemanan adalah hubungan sukarela,” kata dr. Laura Sapadin, psikolog dan motivator. Jadi, jika kita dengan sengaja menolak telepon dari teman dan membuat alasan agar tidak bisa bertemu dengannya, maka itulah saatnya untuk memutuskan hubungan.

Mengalami “gejala”

Pertemanan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Namun, pertemanan yang buruk bisa menyebabkan sebaliknya. Menurut Levine, jika kita sudah mengalami sakit kepala atau sakit perut setelah bersama mereka, artinya pertemanan tersebut sudah mengarah ke arah yang buruk.

Tidak bisa melihat kesalahannya sendiri

Kita memberikan kritik kepada teman kita, namun ia malah marah dan mengatakan: “Kamu terlalu sensitif!”. Teman yang baik harusnya berpikiran terbuka dan memahami masalahnya terlebih dahulu.

Dia mengkhianati kepercayaan kita

“Perempuan sangat percaya kepada temannya. Mereka saling berbagi cerita,” kata Levine. Jadi, jika ada teman yang mengkhianati, jangan ragu untuk mengakhiri hubungan pertemanan karena mereka tidak menghargai perasaan kita. 

Komentar