aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Pentingnya Figur Ayah sebagai Penghangat dan Penyeimbang Keluarga

Thursday, 24 September 2020 03:00:23 WIB | aura.co.id
Pentingnya Figur Ayah sebagai Penghangat dan Penyeimbang Keluarga
Ayah pun berperan penting dalam menjaga kehangatan keluarga. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - MEMERHATIKAN tumbuh-kembang anak bukan hanya tugas kaum ibu. Para ayah pun berperan penting dalam menjaga kehangatan keluarga, termasuk mengawasi perkembangan kepribadian anak.

Dari sudut pandang psikologi keluarga, sosok ayah berperan sebagai pelindung dan penghangat, serta bertugas mengayomi keluarga.

Menurut psikolog anak, Efnie Indirani, M.Psi., ayah perlu bekerja sama dengan sang ibu dalam membentuk karakter anak yang baik.

"Kalau ibu sudah menginisiasi kebersamaaan dalam keluarga, ayah tidak hanya sekedar ikut, tapi juga harus mengayomi dan mendengarkan," papar Efnie.

Efnie menambahkan, ketegasan ayah diuji saat anak tersandung masalah di sekolah atau di lingkungan pergaulannya. Misalnya, saat anak bertengkar dengan temannya, ayah harus menahan sabar dengan cara mendengarkan alasan mengapa anak melakukan tindakan itu, baru kemudian menasihati secara perlahan tanpa terdengar seperti menggurui.

"Kalau ibu sudah berhasil membangun kebersamaan dengan keluarga dan ayah juga ikut berpartisipasi, keterikatan keluarga akan terjalin dengan baik. Seperti itulah caranya membangun keluarga yang harmonis," tandas Efnie.

Komentar