aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Kebudayaan Barat Ini Wajib Ditiru Orang Indonesia

Friday, 28 August 2020 03:00:48 WIB | AURA
3 Kebudayaan  Barat  Ini Wajib Ditiru Orang Indonesia
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Istilah budaya Western atau budaya barat pasti sudah tidak asing di telinga kita semua, istilah ini merujuk kepada kehidupan dunia masyarakat di benua Eropa dan Amerika. Sementara untuk masyarakat Indonesia dikenal dengan istilah Eastern.

Tentunya ada banyak perbedaan dalam dua kebudayaan ini dan seringkali perbedaannya begitu terasa, karena bertolak-belakang sehingga ada beberapa masyarakat di Indonesia yang tidak mau atau tidak dapat menerima kebudayaan dari dunia barat. Apakah kebudayaan dunia barat semuanya dianggap kurang baik? Enggak juga. Justru ada beberapa kebiasaan dan budaya mereka yang patut kita contoh, lho. 

Kali ini kita akan sama-sama mengetahui bahwa  kebudayaan barat ternyata sangat baik jika dilakukan di Indonesia. Tidak jarang kebudayaan ini bahkan lebih santun dibandingkan dengan kebudayaan dunia timur. Berikut kebudayaan dunia barat yang wajib ditiru orang Indonesia :

1. Membukakan Pintu Untuk Orang Lain
Apakah kalian pernah mengalami ketika berada di mall atau sebuah Gedung pertemuan,  lalu bertemu dengan orang asing dari negara lain dan  saat itu mereka membukakan pintu mempersilahkan kita untuk masuk lebih dahulu. Pernah?
Di beberapa situs pencari mengatakan bahwa hal ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Amerika atau Eropa dalam kesehariannya. Untuk masyarakat di Amerika, hal ini merupakan salah satu bentuk untuk menjaga kesopanan atau ada beberapa orang menyebut American Manners.

2. Mengucapkan Salam Kepada Semua Orang
Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam, Have a Great Day, Apa Kabar? Ataupun mengucapkan terima kasih dan permisi/Excuse Me kepada setiap orang yang ditemui ketika beraktivitas diluar rumah juga bukan hal yang sulit dilakukan dalam kebudayaan dunia barat. Mungkin salah satu di antara kalian yang membaca artikel ini pun pernah mengalami berada dalam situasi ini. Dari kebiasaan ini kita yang mendengar sapaan tersebut bisa merasakan keramahan dari orang tersebut. 
Namun sayangnya hal ini belum bisa dilakukan sepenuhnya dalam masyarakat Indonesia. Lebih sering situasi ini kita temui di sebuah Restaurant atau Grocery Shopping saat SPG (Sales Promotion Girl) atau SPB (Sales Promotion Boy) atau pihak kasir menyapa para pelanggan yang datang. Berdasarkan sebuah penelitian dari Hatfield (Barger dan Alicia, 2008) menyatakan bahwa salah satu bentuk kepuasan konsumen dapat ditentukan dari senyuman yang diberikan konsumen kepada produk atau jasa, hal ini bisa dari penularan emosi primitif (bentuk emosi yang otomatis dan tidak sadar) dan mimik (ekspresi wajah). Jika dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari maka dengan mengucapkan salam kepada setiap orang yang kita temui bisa memberikan dampak positif.

3. Membereskan Meja Yang Digunakan di Restoran Cepat Saji
Mostly, ketika kita makan di sebuah food court atau restaurant cepat saji kita akan diberikan nampan atau tray untuk meletakkan semua pesanan kita dan membawanya ke meja yang kosong untuk kita nikmati makan dan minumannya. Namun apa yang akan kalian lakukan setelah selesai makan dan minum?
Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih tidak peduli dengan hal ini, menganggap jika nantinya aka nada karyawan restaurant yang akan membersihkan jadi kita bisa dengan santai meninggalkan meja yang digunakan tersebut. Hingga pada 13 Januari 2019 salah satu restaurant cepat saji di Indonesia mengeluarkan himbauan agar mulai melakukan kebiasaan untuk membereskan meja yang digunakan untuk makan dengan meletakkan nampan, piring dan sampahnya di tempat yang disediakan. Hal ini bukan hal baru untuk masyarakat dunia barat, karena ini sudah lazim mereka lakukan sejak lama. Bahkan hal ini juga merupakan salah satu yang menjadi perhatian untuk mengajarkan tata kram kepada anak sejak dini yaitu dengan membersihkan meja makannya sendiri baik dirumah maupun di luar rumah (Restaurant/Food Court).

Ternyata tidak semua kebudayaan dunia barat itu buruk ya, buktinya dari 3 hal ini saja kita sebagai masyarakat dunia timur masih kurang atau bahkan tidak pernah melakukannya. Jadi mulai hari ini siap melakukan 3 hal baik diatas dalam kehidupan kalian?

(GLORIA CHRALOTTE)

Komentar