aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Cara Membuat Aktivitas Seks Lebih Berwarna

Thursday, 5 December 2019 05:00:23 WIB | Vallesca Souisa
4 Cara Membuat Aktivitas Seks Lebih Berwarna
Aktivitas seks adalah sesuatu yang sangat personal. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Aktivitas seks adalah sesuatu yang sangat personal. Banyak pasangan, memilih tak membicarakan performa atau aktivitas seks pasangannya, karena takut menyinggung perasaan dan menghindari konflik. Sehingga, banyak yang pasrah, melakukan seks yang sesungguhnya tak memuaskan, ketimbang membicarakan serta memperbaikinya.

Namun,  menurut seks terapis, Candice Cooper-Lovett, PhD, LMFT dari Georgia, berkomunikasi dan memberikan arahan pada pasangan Anda di ranjang, bisa membuat kehidupan seks lebih berwarna, hubungan suami-istri pun jadi lebih langgeng, lho. Memang, pada akhirnya Anda butuh waktu dan latihan agar aktivitas seks bisa sama-sama memuaskan.

 “Memberikan masukan pada pasangan Anda tentang aktivitas seks bisa jadi cara meningkatkan ikatan emosional. Tiap orang berbeda-beda, memiliki keunikannya masing-masing, dan setiap pasangan bisa belajar dari pasangannya masing-masing, tentang apa yang bisa menyenangkan mereka,” ungkap Cooper-Lovett. Ada kok, beberapa cara asyik memberikan arahan seputar aktivitas ranjang, tanpa menyinggung perasaan dia.

1. Gunakan Pendekatan Positif-Persuasif

Ketika memberikan arahan kepada pasangan seputar geliat seks, tentu kita harus menyampaikannya dengan lembut dan nyaman. “Mulailah dengan mengatakan apa yang menjadi kelebihan pasangamu di ranjang, apa yang paling Anda suka dari Dia saat beraktivitas di ranjang,” bilang Cooper-Lovett. Misalnya, Anda memulai dengan kalimat seperti ini, “Saya suka caramu mencumbu leher saya,” demikian Cooper-Lovett memberikan contoh.

Feedback positif akan melekat di hati pasangan, sehingga tanpa disadari mendorong mereka ingin berbuat lebih baik lagi. Pasangan Anda akan tertantang dengan sendirinya, mencari hal-hal lain—terkait seks--yang bisa menyenangkan Anda. Kalau sudah menyatakan kelebihan, barulah memberikan masukan, misalnya, ada hal yang Anda rasa kurang. Katakanlah, aktivitas seperti apa yang lebih baik menurut Anda? “Ini akan membentuk ikatan lebih kuat dan melatih kalian menjadi transparan satu sama lain, tak hanya soal seks, tapi juga hal-hal lain dalam hubungan Anda dan dia,” ucap Cooper-Lovett.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Demonstrasikan Langsung Apa yang Anda Suka

Jika memberi arahan secara verbal membuat Anda merasa tak nyaman atau tidak enak, gunakan cara non-verbal. Studi yang dikeluarkan oleh Social and Personal Relationship pada 2012 tentang komunikasi non-verbal menyatakan, bahwa gaya komunikasi dapat digunakan antar pasangan untuk membantu mewujudkan kepuasan seksual. Praktekkan atau demonstrasikan langsung kepada pasangan Anda, apa yang Anda inginkan di ranjang.

“Cobalah tunjukkan kepadanya bagaimana dan di bagian mana Anda suka disentuh. Pertama-tama praktekkan dengan tangan Anda sendiri, dan biarkan pasangan Anda melihat,” kata Dr. Heather Stevenson, psikologis klinis, spesialis pasangan. Perlahan, aktivitas yang Anda lakukan ini, bisa merangsangnya, dan pasangan Anda akan tergerak melakukannya untuk Anda. “Jika mereka belum tepat melakukannya, Anda bisa membimbing tangannya untuk menyentuh area-area yang ingin disentuh, dengan cara yang Anda inginkan” sambung Stevenson.

3. Berikan Tanda atau Alternatif, Bila Anda Tak Menyukai Aksi Ranjangnya

Ketika pasangan melakukan sesuatu yang kurang Anda sukai di ranjang, umumnya. Anda akan menyuruhnya berhenti melakukan hal tersebut. Tapi coba, lakukanlah dengan cara yang lembut, sehingga tak menyinggung perasaannya. “Akan sulit bagi kita mendengar seseorang berkata, ‘Jangan lakukan itu’,” ungkap Elise Schuster, pendidik seks dan penemu aplikasi sex and relationship, Okayso. “Hal ini akan membuat kita defensif dan kehilangan mood.”

Katakan dengan cara yang berbeda. Misalnya, “Bisakah kita melakukannya pelan-pelan?” atau, berikan alternatif, “Tidakkah kita lebih baik melakukannya seperti ini, sayang?” Atau Anda bisa membuat kesepakatan sebelum bercinta, tentang tanda atau petunjuk yang disepakati, ketika Anda merasa tak menyukai aksinya. Misalnya, satu kali atau dua kali tepukan di pundak, menandakan Anda kesakitan, atau  tak menyukai aksinya pada Anda.

.4. Bicarakan Seks di Luar Kamar

“Komunikasi tentang seks adalah bagian yang vital dalam sebuah hubungan, dan patut dibicarakan, di luar aktivitas seks itu sendiri,” ungkap Stevenson. Ketika Anda dan dia sedang tidak dalam suasana yang penuh nafsu, Anda punya kesempatan bicara dan mendengar lebih baik. Bahkan tidak hanya mendengar, mungkin Anda bisa membuat catatan untuk kebaikan hubungan Anda dan dia.

Jadi, pergilah keluar bersenang-senang dengan dia, menikmati sunset. Ngopi bareng, dinner, lalu pada waktu yang pas, singgung tema seks, dengan cara yang menyenangkan. “Bicara tentang hal ini bagi  beberapa orang bisa jadi membuat mereka merasa kurang nyaman dan rapuh, tapi jika Anda bisa menyampaikannya dengan santai, tanpa menghakimi. Mungkin dengan cara yang lucu, bisa membuat pembicaraan ini menarik dan mendorong Anda dan dia memperbaiki aktivitas di ranjang,” bilang Stevenson. Selamat mencoba!

Komentar