aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tanda-tandanya Teman Kencan Daring Sudah Punya Pasangan

Thursday, 5 December 2019 02:00:23 WIB | Vallesca Souisa
Tanda-tandanya Teman Kencan Daring Sudah Punya Pasangan
Aplikasi pencari jodoh belakangan ini digunakan tidak hanya untuk menemukan pasangan hidup, tapi juga untuk sekadar mencari hiburan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Aplikasi pencari jodoh belakangan ini digunakan tidak hanya untuk menemukan pasangan hidup, tapi juga untuk sekadar mencari hiburan. Aplikasi ini, sebagaimana aplikasi lain, memungkinkan seseorang membuat profil palsu. Di dunia maya, seseorang bisa menjadi siapa saja dan bisa melakukan apa saja. Bagaimana Anda yakin seseorang yang Anda kenal lewat dunia maya benar masih lajang?

Berdasarkan riset yang dilakukan GlobalWebIndex (GWI), perusahaan riset pemasaran, pada sebuah aplikasi pencari jodoh pada 2015, diketahui cukup banyak pengguna aplikasi sudah menikah, 30 persen! Angka ini bahkan lebih tinggi daripada angka pengguna aplikasi yang berada dalam hubungan pacaran dan berstatus janda atau duda, masing-masing 12 persen dan 4 persen. Berikut tanda-tandanya seseorang yang Anda kenal secara daring kemungkinan sudah menikah atau punya pasangan.

Dia hanya bisa dihubungi atau menghubungi pada waktu tertentu

Meredith Golden, pakar kencan daring dari AS dan pendiri Spoon Meet Spoon—situs layanan konsultasi seputar kencan daring—mengatakan, cobalah perhatikan waktu dan pola komunikasinya secara berturut-turut. “Apakah orang yang Anda kenal di dunia maya ini punya kecenderungan hanya bisa dihubungi pada waktu tertentu, biasanya siang dan hari kerja? Sementara malam dan akhir pekan dia tiba-tiba tak bisa dihubungi. Jika pola ini terjadi secara konsisten, bisa jadi dia tengah berinteraksi dengan Anda secara sembunyi-sembunyi,” jelas Meredith.

Orang ini kemungkinan bersama pasangan atau keluarga setelah jam kerja dan khususnya akhir pekan, sehingga sama sekali berhenti berkirim pesan dengan Anda. Dia bisa juga menghilang sama sekali selama seminggu atau dua minggu, lalu tiba-tiba muncul lagi membuka komunikasi dengan manis. Memberi alasan, dua minggu kemarin sibuk atau habis melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Bila ini konsisten terjadi, Anda patut curiga.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Dia sulit diajak bertemu

Setelah bertukar pesan secara daring beberapa kali, Anda merasa terkoneksi dengannya, lalu menemukan satu dua kecocokan. Selanjutnya Anda menginginkan pertemuan atau kencan di dunia nyata. “Namun jika setelah beberapa kali berkirim pesan dia tidak juga menyinggung soal pertemuan, terus berusaha mengalihkan pembicaraan ke arah sana, atau terkesan selalu sibuk, bisa mengindikasikan dia sudah punya seseorang dalam kehidupannya dan menggunakan aplikasi ini sekadar untuk hiburan,” ungkap Julie Spira, penulis buku The Perils of Cyber-Dating: Confession of a Hopeful Romantic for Love Online dan pakar kencang daring dari AS.

Meredith menambahkan, pria yang statusnya sudah tidak lajang ini bermain di dunia maya untuk ego, ingin melihat apakah dia masih memiliki daya tarik di luar sana. “Dia tidak berencana meninggalkan pasangannya juga,” kata Meredith. Sehingga bukan tidak mungkin, tiba-tiba dia menghilang atau putus komunikasi, karena tidak ingin menyeret Anda dan dirinya lebih dalam.

Dia tidak membeberkan informasi personal

Dia bisa jadi menyenangkan diajak bicara, mau mendengarkan Anda, juga bisa memberi solusi. Namun cermati, biasanya dia tidak banyak mengungkapkan jati diri atau cerita yang bersifat personal, baik dalam obrolan maupun dalam keterangan profil. “Biasanya dia tidak memasang foto profil. Atau memasang foto, tapi dengan efek disamarkan atau hanya siluet. Dan tidak ada pilihan foto lain pada profilnya. Tentu saja, dia tidak ingin dikenali orang yang mungkin masih keluarganya. Ketika diajak bertukar foto, biasanya menghindar atau mengalihkan pembicaraan. Tidak banyak keterangan tertulis di profil,” ungkap Meredith.

Ketika Anda bertanya tentang kehidupannya, dia akan menjawab tidak ada yang menarik yang bisa diceritakan. “Dia memfokuskan tema pembicaraan kepada Anda atau hal-hal umum yang terjadi sehari-hari, apa pun yang menjauhkannya dari berbagi detail tentang kehidupannya.” Ini bisa menjadi sinyal, dia mungkin sudah punya pasangan dan tidak serius mencari teman kencan. Tentu saja orang seperti ini membuang waktu Anda yang serius mencari pasangan hidup. Untuk itu cepat kenali tanda-tanda ketidakseriusan mereka.

Komentar