aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ketika Sahabat Tak Menyukai Kekasih Anda, Haruskah Putus?

Monday, 16 September 2019 15:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Ketika Sahabat Tak Menyukai Kekasih Anda, Haruskah Putus?
Kisah cinta terasa indah jika semua pihak mendukung hubungan tersebut. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kisah cinta terasa indah jika semua pihak mendukung hubungan tersebut. Sayangnya, tidak semua kisah cinta berjalan mulus. Kadang kita merasa telah menemukan pasangan yang mampu mengisi kekosongan hati. Tetapi sahabat memiliki pandangan berbeda atau bahkan tidak menyukai kekasih pilihan Anda. Apa yang harus dilakukan saat mengalami situasi seperti ini?

Mendengarkan Semua Pendapatnya

Ketika sahabat dan kekasih berada di sisi yang berseberangan, Anda seolah diharuskan memilih salah satu dari mereka. Tentu memihak antara sahabat dan kekasih hal yang berat. Psikoterapis sekaligus dosen dari Universitas Harvard AS, Holly Parker, PhD mengatakan, jika Anda menghadapi situasi demikian, hal yang paling tepat dilakukan bukan memilih tetapi mendengarkan.

Holly menyarankan, dengarkanlah pendapat sahabat tentang kekasih Anda. Jangan bersikap defensif, meski alasan yang mereka ungkapkan terdengar sepele dan lebih terkesan cemburu. Kecemburuan itu biasanya terkait dengan semakin berkurangnya waktu yang Anda sediakan bagi sahabat, karena perhatian Anda tercurah pada pasangan. Dengarkan juga apa pendapat pujaan hati tentang sahabat Anda ini. Anda harus mendengarkan dari dua sisi untuk menemukan penyelesaian terbaik bagi kedua belah pihak.

Alasan lain yang kerap melandasi ketidaksukaan sahabat pada kekasih Anda adalah ketika mereka menemukan kejanggalan pada pasangan Anda. “Teman akan lebih mendukung hubungan yang mereka percaya dapat membuat temannya bahagia. Saat teman berpikir bahwa Anda tidak bahagia atau pasangan Anda tidak memperlakukan Anda dengan baik, tentu dia akan berusaha melakukan sesuatu untuk melindungi Anda,” terang Holly.

Jadi, Anda harus bersikap terbuka dan bersedia mendengar semua pendapat mengenai kekasih Anda. “Mendengar pendapat mereka mungkin akan memberikan pengetahuan seputar keburukan karakter si pasangan atau justru mereka malah bisa mencium adanya masalah di dalam hubungan Anda yang mungkin tidak disadari atau mungkin tidak ingin Anda akui. Intinya, bersikaplah terbuka dan gunakan perspektif mereka sebagai alternatif informasi. Mungkin bisa lebih baik daripada sudut pandang Anda.” tambahnya.

Saat Memutuskan Mempertahankan Kekasih atau Sahabat

Selain cemburu dan rasa ingin melindungi, faktor lain yang mungkin menyebabkan sahabat Anda tidak menyukai pasangan Anda adalah adanya perbedaan seperti perbedaan ras, agama, status dan ekonomi atau perbedaan usia yang terlampau jauh. Stigma negatif masyarakat kerap menghampiri pasangan berbeda ras, agama dan usia yang terlampau jauh karena hal tersebut masih dianggap tidak umum atau tabu.

Saat sahabat mempermasalahkan perbedaan tersebut, minta mereka untuk menceritakan lebih detail tentang perbedaan yang mereka lihat dan kemungkinan dampaknya bagi Anda. Setelah mendengarkan dengan seksama, baru mengambil tindakan. Bila Anda menganggap perbedaan bukan alasan untuk mengakhiri suatu hubungan, Holly menyarankan agar mengemukakannya pada sahabat Anda dengan cara yang lembut.

“Teman Anda tentu akan kecewa mendengar hal itu. Namun Anda bisa bertanya kepada teman Anda ‘Apa yang bisa kami lakukan agar kamu menyukainya?’ Jika dia tidak menjawab atau malah meminta sesuatu yang tidak mungkin bisa diubah, sayangnya tidak ada yang bisa Anda lakukan. Berharap saja teman Anda tidak mengakhiri hubungan pertemanan,” tukas Holly.

Namun Holly berpendapat jika Anda dan pasangan bisa menunjukkan hubungan kalian sehat, teman Anda perlahan juga akan mengubah pandangannya tentang pasangan Anda. “Jika teman Anda mulai terbuka, ajaklah si Dia untuk bertemu dengan teman Anda. Ini agar keduanya bisa lebih mengenal satu sama lain. Akan tetapi bila di awal pertemuan keduanya masih merasa tidak nyaman, jangan terlalu dipaksakan. Akan ada waktunya, teman Anda bisa mengerti dan menerima hubungan Anda, kok” tutup Holly. J Agestia

Komentar