aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Cara Berhemat Selama Mencari Pekerjaan

Saturday, 24 August 2019 01:00:44 WIB | Rizki Adis Abeba
5 Cara Berhemat Selama Mencari Pekerjaan
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Proses pencarian kerja butuh modal. Pengeluaran terbesar selama proses pencarian kerja bisasanya mencakup biaya transportasi, pembuatan CV dan lamaran, biaya internet, hingga modal untuk membeli pendukung penampilan seperti pakaian dan makeup.

Padahal, namanya pencari kerja, tentu belum punya penghasilan tetap. Berikut 5 cara berhemat selama pencarian kerja.

1. Kirim lamaran lewat internet

Dahulu para pelamar kerja mengandalkan jasa pos dan pengiriman barang untuk mengirim surat lamaran. Kini biaya bisa ditekan dengan internet. Dengan menggunakan surat elektronik, tinggal klik, surat lamaran Anda sampai hanya dalam hitungan detik. Dengan mengirim surat lewat internet, Anda juga menghemat biaya pencetakan surat lamaran. Tinggal mengedit bagian tertentu untuk mengirim surat lamaran kepada beberapa perusahaan berbeda. Ingin lebih hemat lagi? Manfaatkan koneksi internet gratis yang banyak tersedia di tempat-tempat umum. Atau manfaatkan koneksi untuk menitipkan surat lamaran.

2. Perhitungkan lokasi dan jarak perusahaan yang dituju

Setelah mengirim lamaran dan CV lewat internet, kemungkinan Anda akan butuh biaya transportasi jika nantinya mendapat panggilan wawancara. Untuk beberapa perusahaan, proses seleksi dan wawancara dilakukan secara bertahap. Semakin banyak tahap yang Anda lalui, semakin banyak biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Karenanya, saat memasukkan surat lamaran, pertimbangkan baik-baik lokasi perusahaan. Perhitungkan jarak dan biaya transportasi yang harus Anda keluarkan.

3. Bongkar lagi isi lemari

Penampilan yang baik dan meyakinkan saat menghadiri wawancara kerja itu penting. Tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan uang untuk membeli pakaian dan sepatu baru setiap kali mendapat panggilan wawancara. Jangan malas membongkar isi lemari. Padu padankan pakaian lama yang masih layak, atau Anda bisa mencari pinjaman dari kerabat dan sahabat. Demikian pula dengan makeup. Manfaatkan peralatan makeup yang ada. Menggunakan makeup secara berlebihan saat wawancara kerja juga akan memberi kesan lebay, lho!

4. Cari pelatihan gratis

Semakin banyak daftar sertifikat pelatihan atau seminar di CV Anda, tentu semakin menambah nilau jual. Untuk menambah nilai di poin ini, tak perlu membuang uang untuk mengikuti pelatihan atau kursus mahal. Cari informasi soal pelatihan, workshop, dan seminar gratis yang banyak digelar di kampus, perusahaan, atau tempat-tempat umum lain.

5. Kirim lamaran secara efektif

Bila salah satu atau beberapa syarat di lowongan pekerjaan sudah tak bisa Anda penuhi, ya jangan nekat mengirim lamaran. Lamarlah pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan kualifikasi Anda. Mengirim lamaran untuk lowongan pekerjaan yang membutuhkan tenaga dengan minimum pengalaman 2 tahun, sementara Anda seorang fresh graduate, hanya akan membuang waktu dan tenaga.

(riz / adm)

Komentar