aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengapa Perempuan Berbaju Merah Lebih Menarik Perhatian Laki-laki? Ini Kata Ahli

Thursday, 22 August 2019 19:00:51 WIB | Redaksi
Mengapa Perempuan Berbaju Merah Lebih Menarik Perhatian Laki-laki? Ini Kata Ahli
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Yang baju merah jangan sampe lolos (Nyanyian Kode - Warkop DKI)

Ternyata ada alasannya mengapa banyak lagu sebut-sebut perempuan berbaju merah. Mungkin karena kaum hawa berbaju merah lebih memikat para kaum adam.

Dalam penelitian yang dirilis European Journal of Psychology beberapa tahun lalu seperti dikutip Time, peneliti di University of Rochester menemukan kalau pria-pria yang ditunjukkan wanita berbaju merah lebih ingin mengajak si wanita kencan, ketimbang pria-pria yang ditunjukkan wanita berbaju biru atau hijau.

Selain itu, para pria juga ingin duduk mengobrol dengan wanita berbaju merah.

"Dalam penelitian sebelumnya, kami menemukan pria menganggap wanita berbaju merah atau berada di latar belakang merah lebih seksi," kata Profesor Andrew Elliot, penulis hasil penelitian itu.

"Jadi, sepertinya merah adalah juga aprodosiak. Kami ingin tahu perilaku ini berlanjut jadi perilaku orang yang jatuh cinta".

Aprodisiak adalah sesuatu atau hal yang mampu membangkitkan hasrat seksual.

Dalam penelitian itu, peneliti memberi para mahasiswa serangkaian foto dari seorang wanita. Mereka diberitahu akan menemui wanita itu dan diminta pertanyaan apa yang akan ditanyakan pada wanita tersebut. Hasilnya, wanita berbaju merah mendapat pertanyaan semacam, "Waktu kencan kamu paling suka ngapain?"Ě. Sedangkan pria yang mendapat foto wanita berbaju biru bertanya hal biasa saja seperti, "Kamu kuliah di kurusan apa?"

Di percobaan yang lain, para pria sekali lagi diberitahu bakal ketemu wanita yang difoto. Hanya kali ini, mereka dibawa ke sebuah ruangan dengan dua kursi di dalamnya. Hasilnya, para pria yang diberitahu akan bertemu wanita berbaju merah mengatur sendiri kursi agar bisa berdekatan. Pria yang akan bertemu wanita berbaju hijau tak melakukan itu. 

Hm, mengapa pria lebih trtarik dengan wanita berbaju merah? Jawabannya bukan karena warna merah lebih ngejreng menohok mata. Sebab, para peneliti di universitas itu memastikan warna-werna lain juga sama cerah dan ngejreng-nya. "Dan tidak ada bukti yang menunjukkan warna merah lebih menyita perhatian," kata Elliot.

Lantas, apa karena kita tumbuh sepanjang hidup melihat warna merah seperti dalam wujud bentuk hati sebagai tanda cinta atau berbagai wujud merah lain? Bisa juga itu dorongan biologis yang sudah mendarah daging karena merah sudah diakrabi manusia. Elliot percaya dua-duanya menjawab mengapa pria lebih suka warna merah. Baik kebudayaan maupun kondisi biologis manusia akrab dengan warna merah.

Bagaimanapun, jika baju merah Anda belum kering dicuci, jangan khawatir. Sejumlah pria juga menganggap warna merah muda berdampak sama kuatnya dengan merah. Lagipula, kata Elliot, "Warna merah kan cuma merah muda yang unsur merahnya lebih kuat".

(ade / gur)

Komentar