aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Seberapa Penting Menghadiri Undangan Acara Reuni?

Wednesday, 14 August 2019 23:59:03 WIB | Wida Kriswanti
Seberapa Penting Menghadiri Undangan Acara Reuni?
Ilustrasi (Seno / tabloidbintang.com))

TABLOIDBINTANG.COM - Obrolan ringan di grup aplikasi pengirim pesan teman SMA atau media sosial yang semula hanya kangen-kangenan, berujung pada ide menggelar reuni.

Penting enggak sih datang ke acara reuni?

Ada yang antusias menyambutnya, tidak sedikit yang misuh-misuh. Paling-paling cuma jadi ajang pamer atau malah CLBK (cinta lama bersemi kembali). Enggak penting, kan?

Tidak dipungkiri, dua hal mungkin terjadi. Tapi, reuni tidak melulu demikian. Banyak hal positif yang sejatinya ada pada kegiatan reuni.

Ahli etnografi Amalia E Maulana menyebut reuni sebagai sebuah cara pembentukan kembali komunitas lama yang sudah terbengkalai.

"Reuni berarti registrasi ulang status pertemanan, apakah teman biasa, teman baik, atau sahabat," terang Amalia.

Bisa bekas teman sekolah (SD, SMP, SMA, kuliah), bekas teman sekantor, dan lain-lain.

Pertemanan dengan mereka, terutama masa masih remaja atau masa sekolah, adalah pertemanan yang murni, tidak banyak dipengaruhi keuntungan pribadi.

"Jadi, reuni bisa berarti merekatkan kembali persahabatan murni -- kembali kepada teman lama," imbuhnya.

Reuni juga sarana aktualisasi diri. Penting bagi seseorang untuk bisa "diterima" dalam kelompok sosial.

"Antara lain karena adanya sense of belonging dalam kelompok, perasaan aman karena berada dalam sebuah kelompok dan menjaga norma kelompok yang disepakati bersama, tempat berbagi dan curhat, tempat untuk mengerti dan dimengerti oleh teman, dan connectedness atau terhubung secara fisik dan emosi," papar Amalia.

Dan mari kita kembali pada filosofi populer Jawa, "mangan ora mangan, asal ngumpul"¯, yang berarti lebih baik bersama-sama daripada sendirian, walaupun tidak ada makanan atau uang sekalipun. Oleh karenanya, santai saja jika dalam rencana reuni Anda direpotkan urusan dress code atau keharusan membawa ini dan itu. Bukan itu yang utama, melainkan kehadiran Anda. Percaya, deh.

Penuhilah undangan reuni, terutama jika Anda:

- Ingin menjelaskan identitas baru¯, terutama untuk mencari pengakuan dan mencari tempat bagi diri¯ yang baru di komunitas lama.

- Ingin memperoleh perasaan "belong to the group"¯ kembali. Karena jumlah teman semakin berkurang.

- Ingin masuk kembali ke dalam komunitas yang lebih "aman"¯, dalam hal ini tidak perlu jaim , berkesan formal karena posisi sudah tinggi, dan lain-lain. Toh yang Anda jumpai adalah teman lama yang tidak terlalu peduli dengan itu semua.

- Ingin melebarkan jejaring untuk potensi bisnis. (Wah, poin ini sesuatu banget!)  

- Ingin menjaga persahabatan agar tidak turun derajat menjadi pertemanan biasa.  

Komentar