aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Saat-saat Yang Datangnya Ditakuti Para Karyawan

Thursday, 15 August 2019 04:00:21 WIB | Rizki Adis Abeba
Saat-saat Yang Datangnya Ditakuti Para Karyawan
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Mood bekerja dipengaruhi banyak hal. Kita bisa bersemangat bekerja karena suasana kantor, rekan kerja yang menyenangkan, acara seru, undangan menarik, atau hanya karena rindu makanan kantin.

Sebaliknya, mood bekerja bisa mendadak buruk karena berbagai situasi yang tak terduga. Pekerjaan menumpuk, deadline menguras tenaga, atasan tukang ngomel, atau hari-hari yang dianggap tak menyenangkan bagi kebanyakan karyawan.

Pada hari-hari yang "ditakuti" karyawan itu, semangat bekerja biasanya menurun drastis. Hari-hari apa saja yang paling ditakuti karyawan?

Senin

Senin awal semua rutinitas. Kadang orang belum sadarkan diri dari aura liburan di akhir pekan. Suasana Senin pun -- entah mengapa -- selalu berbeda dari hari-hari lainnya. Lalu lintas biasanya lebih padat, macet di mana-mana, angkutan umum penuh sesak hingga -- menuju kantor biasanya terasa lebih berat. Sebegitu menyebalkannya hari Senin hingga muncul istilah global "I hate Monday".

Bayar, bayar, bayar

Akhir bulan biasanya menjadi saat menyenangkan bagi karyawan, karena jumlah rekening bertambah di antara tanggal 25 hingga 28 setiap bulan. Ya, saatnya gajian. Namun kebahagiaan itu tak bertahan lama. Hari jatuh tempo tagihan cicilan mobil, rumah, kartu kredit, rekening listrik dan telepon, atau kontrakan menjadi hari yang tak kalah menakutkan. Bagaimana tidak, kewajiban itu membuat jumlah rekening tabungan menyusut.

Evaluasi dan penilaian

Evaluasi biasanya dilakukan perusahaan setahun sekali untuk menilai kinerja karyawan. Apa saja prestasi, kesalahan, keuntungan, dan kerugian yang Anda berikan untuk perusahaan menjadi bahan evaluasi yang menentukan hasil penilaian. Biasanya hari penilaian ini mendebarkan, karena bukan hanya menyangkut citra, namun menentukan kenaikan gaji dan promosi. Karyawan mungkin bekerja lebih giat dari biasanya menjelang dan pada saat penilaian. Tapi jangan salah, hasil kerja yang dinilai sejatinya bukan penilaian kerja secara instan, lho. Tapi merupakan pengamatan setahun penuh Anda bekerja.

Presentasi

Butuh penampilan yang memukau dan meyakinkan setiap kali seseorang melakukan presentasi mengenai proyek baru, pengajuan tender, atau promosi. Karenanya, sebelum presentasi biasanya seseorang membuat persiapan ini dan itu agar lancar. Persiapan yang dilakukan meliputi materi presentasi, penampilan, dan tak kalah penting persiapan mental. Apalagi jika yang dihadapi saat presentasi adalah bos-bos penting, pejabat, atau orang-orang dengan karakter sulit ditaklukkan. Hari presentasi pasti benar-benar menakutkan.

Dipecat

Tak ada yang lebih menakutkan ketimbang kehilangan pekerjaan. Tapi tak perlu khawatir dipecat kalau Anda pekerja yang baik, rajin, bersemangat, dan tak melakukan kesalahan fatal, kan?

dari Berbagai Sumber

(riz / gur)

Komentar