aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Penjelasan Mengapa Orang Menjadi Aneh Ketika Jatuh Cinta

Thursday, 25 July 2019 13:45:49 WIB | Khairiyah Sartika
5 Penjelasan  Mengapa Orang Menjadi Aneh Ketika Jatuh Cinta
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Anda pasti pernah jatuh cinta. Namun pernahkah Anda merasa bahwa cinta yang Anda rasakan membuat Anda menjadi orang yang berbeda?

Ternyata ini bukanlah perasaan semata. Perubahan kelakuan, gaya bicara, tanggapan, sikap serta pribadi didasari oleh alasan yang cukup logis.

Seperti dilaporkan Huffington Post, terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal-hal aneh yang dirasakan saat jatuh cinta.

1. Cinta membuat lebih bodoh

Ini bukanlah pepatah yang sering terpampang di halaman yang memuat kutipan mengenai cinta. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang sedang jatuh cinta mengalami kemunduran terhadap daya fokus serta pekerjaan yang membutuhkan perhatian dan ketelitian.

"Ketika baru saja terlibat dalam hubungan percintaan, Anda akan menemukan bahwa diri akan lebih sulit fokus terhadap berbagai hal, karena menghabiskan sebagian besar daya kognitif pemikiran untuk pasangan," jelas Dr. Henk van Steenbergen, asisten profesor di Leiden University, Belanda.

2. Cinta membuat kebal terhadap rasa sakit

Terdapat bagian otak yang diaktifkan oleh perasaan cinta yang mendalam. "Beberapa daerah pada otak yang dipengaruhi oleh cinta merupakan daerah yang sama saat obat bekerja untuk menghilangkan rasa sakit," ungkap Dr. Arthur Aaron, profesor psikologi dari State University of New York. Bahkan berpegangan tangan dengan orang yang Anda cintai, dapat mengurangi rasa sakit yang Anda hadapi.

3. Cinta membuat berjalan lebih lambat

Bagi para pria, cinta mampu memperlambat kecepatan jalan kaki. Sebab, peneliti menemukan bahwa para pria umumnya akhirnya menyesuaikan kecepatan jalan dengan pasangan. Tentu ini akan jarang Anda lihat saat seorang pria berjalan dengan seseorang yang hanya sekedar teman biasa.

4. Cinta meningkatkan intonasi suara

Para wanita yang sedang jatuh cinta diketahui mengalami kenaikkan intonasi suara. Bahkan, beberapa orang malah berbicara dengan gaya dan nada bicara mirip dengan pasangannya. Dikatakan, ini dapat menjadi cara berkomunikasi dan menyampaikan ketertarikan serta perasaan saling memiliki.

5. Cinta membuat mabuk kepayang

Tentu Anda sering mendengar, "Cinta itu memabukkan". Para ahli dan bukti scan MRI membuktikan bahwa cinta memang dapat menimbulkan efek ini pada seseorang. Pasalnya, sistem syaraf dalam otak yang berhubungan dengan adiksi menjadi aktif. Inilah yang membuat Anda merasakan sebuah euforia atau perasaan yang tak biasa.

"Anda dapat merasakan intensitas elasi ketika sedang jatuh cinta. Ini juga dirasakan saat sedang "tinggi" akibat kokain," ungkap Dr. Lucy Brown, profesor neurologi dan neurosains di Albert Einstein College of Medicine, New York.

(tika / yb)

Komentar