aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Begini 5 Langkahnya

Thursday, 18 July 2019 05:00:23 WIB | Nanda Indri Hadiyanti
Cara Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Begini 5 Langkahnya
Beberapa pasangan bisa bertahan dalam perselingkuhan tapi tidak sedikit juga yang mengakui dan memaafkan pasangannya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak pernikahan yang telah bertahan selama puluhan tahun tapi berakhir dengan perceraian.  Banyak alasan perceraian dari pasangan yang sudah lama bersama. Salah satunya pengkhianatan atau perselingkuhan. Beberapa pasangan bisa bertahan dalam perselingkuhan tapi tidak sedikit juga yang mengakui dan memaafkan pasangannya. 

Tracey Cox seperti dikutip dari Dailymail, menulis bahwa Anda harus memaafkan pasangan yang selingkuh. Tapi memaafkan memang bukan yang mudah. 

Berikut lima langkah yang dapat membantu menyembuhkan Anda dari rasa sakit hati setelah diselingkuhi pasangan dan perlahan bisa memaafkannya:

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Langkah pertama: apakah dia layak mendapat kesempatan kedua?

Beberapa pasangan tidak pantas mendapatkan kesempatan memperbaiki hubungan. Anda harus menanyakan hal ini kepada diri sendiri. Anda harus tahu sejarah perselingkuhan yang sudah dilakukannya. Jika sudah melakukannya berulang-ulang,maka mereka akan terus melakukannya. Orang seperti ini tidak bisa diberikan kesempatan kedua. 

Anda juga harus mengetahui alasannya melakukan perselingkuhan. Jika dirasa alasan tersebut bisa diterima, dan bisa diperbaiki tidak ada salahnya memberikan kesempatan kedua. Di sini Anda ada baiknya menempatkan diri pada posisinya. Turunkan rasa egois Anda dan pikirkan apa yang akan Anda lakukan jika dalam kondisi tersebut.

Langkah kedua: ambil waktu untuk sama-sama sendiri

Setelah pengakuan selingkuh, jangan tunjukkan sikap bahwa Anda tidak bisa lepas darinya. Anda harus menegaskan bahwa hal ini melukai harga diri Anda. 

Mintalah dia untuk meninggalkan rumah beberapa hari untuk merenungi kesalahannya. Anda sendiri juga perlu waktu meredakan emosi Anda.

Manfaatkan waktu sendiri ini untuk mengumpulkan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada pasangan tentang perselingkuhannya. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Langkah ketiga: bertemu kembali setelah  berpisah

Mintalah waktu bertemu kembali setelah sama-sama tenang. Pertemuan ini bukan untuk mengungkapkan rindu satu sama lain. Tapi untuk membicarakan semua dari hati ke hati.

Jika tidak siap dengan perbincangan tentang perselingkuhan pasangan lebih baik batalkan niat bertemu. 

Ajukan pertanyaan sesuai daftar yang sudah Anda buat, tergantung hal apa yang ingin Anda ketahui. Dengarkan penjelasannya dan jadikan bahan untuk refleksi diri. 

Langkah keempat: bangun hubungan baru

Anggaplah hubungan Anda yang lalu sudah lenyap. Sekarang saatnya untuk memulai sesuatu yang baru. 

Ini pasti tidak mudah tapi berpikirlah positif ini bisa menjadi hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Buatlah kesepakatan bersama dan jangan ragu untuk mengingatkan satu sama lain agar tidak mengulang kesalahan yang lalu. 

Buatlah komitmen baru dengan pasangan untuk sama-sama menjadi individu yang baru. 

Langkah kelima: berubah dan buang kesalahan yang lalu

Setelah mendengarkan alasan pasangan berselingkuh, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri. Benarkah sikap Anda itu telah merugikan pasangan? Jika benar, tanya kepada diri sendiri apakah sanggup menjadi sosok yang lebih baik? Lakukan sesuai yang Anda percayai.

Tapi pertanyaannya terbesar adalah, kapan rasa sakit dikhianati itu akan sembuh? Jawabannya adalah, waktu yang akan menyembuhkan. 

Dalam enam bulan, setidaknya Anda harus merasa lebih baik, dalam satu tahun Anda harusnya mulai memiliki kepercayaan baru terhadap pasangan. 

Jika tidak, tandanya Anda harus bisa move on dari pasangan dan hidup sendiri. 

(nda)

Komentar