aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Stres Akibat Pekerjaan dan Rumah Tangga Bisa Berimbas ke Anak, Ini 4 Cara Mengatasinya (bag.2)

Thursday, 4 July 2019 09:30:37 WIB | Rizki Adis Abeba
Stres Akibat Pekerjaan dan Rumah Tangga Bisa Berimbas ke Anak, Ini 4 Cara Mengatasinya (bag.2)
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Entah Anda stress karena sulit membagi waktu, tuntutan karier, atau masalah finansial, otak anak belum mampu memahami masalah-masalah Anda. Mereka hanya tahu satu hal, yakni mereka membutuhkan cinta dan perhatian dari orang tuanya, dalam situasi apapun.

Lantas bagaimana caranya mengendalikan situasi agar anak tidak terkena dampak dari stress yang Anda alami? Beberapa langkah berikut bisa membantu Anda menekan tingkat stress sehingga Anda bisa menciptakan suasana positif dan bahagia di lingkungan keluarga.

Buat Rencana Realistis untuk Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Tidak peduli seberapa sibuk Anda, tetapkan rencana realistis untuk waktu keluarga Anda. Ingat, anak-anak juga merupakan bagian integral dari kehidupan Anda dan pertumbuhan mereka sepenuhnya tergantung pada bagaimana Anda memperlakukan mereka pada tahap ini. Jangan abaikan pertanyaan-pertanyaan aneh mereka. Setidaknya luangkan satu jam setiap malam agar Anda dapat mendengarkan celoteh anak-anak dan berbicara tentang apa saja yang mereka sukai. Agendakan acara makan bersama setiap hari dan jadikan liburan akhir pekan bersama anak-anak sebagai prioritas dalam hidup Anda.

Minta Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan dari orang-orang terdekat selalu menjadi asset terbesar dalam meredakan gejala-gejala stress dan kecemasan. Ada baiknya Anda mencari dukungan dari pasangan, keluarga, dan sahabat dekat dan bentuklah support sistem yang siap membantu Anda untuk menjalani rutinitas kehidupan yang sehat. Misalnya Anda bisa meminta bantuan orang tua untuk menitipkan anak ketika Anda harus lembur atau melakukan perjalanan kerja ke luar kota. Jangan biarkan stress membatasi otak Anda yang sudah kelelahan dengan memikirkan hal-hal yang sebenarnya bisa dipercayakan pada orang-orang terdekat.

Jaga Stamina Tubuh

Di tengah kesibukan pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga, menjaga kesehatan fisik tidak kalah pentingnya. Kebanyakan orang terlalu sibuk menenggelamkan diri pada pekerjaan hingga mengabaikan kesehatan. Terlambat makan, lupa olah raga, kurang tidur, dan stress merupakan kombinasi sempurna untuk membuat Anda terbaring di ranjang karena sakit. Jangan sampai menambah masalah dengan jatuh sakit. Jagalah kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi, olah raga, menjaga cairan tubuh dengan konsumsi air putih, serta istirahat dan tidur malam yang cukup. Ingat pula bahwa anak-anak yang sehat lahir dari keluarga dan orang tua yang juga sehat.

(riz/ari)

Komentar