aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Bekerja Sambil Traveling Agar Lebih Efektif dan Efisien

Monday, 10 June 2019 02:00:54 WIB | Rizki Adis Abeba
Kiat Bekerja Sambil Traveling Agar Lebih Efektif dan Efisien
Baik pencinta traveling maupun orang yang dituntut banyak melakukan perjalanan bisnis sebenarnya punya kesamaan.

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak orang yang harus sering bepergian demi menjalankan tugas kantor. Ada juga orang yang sering bepergian karena murni untuk menjalankan hobinya travelling.

Baik pencinta traveling maupun orang yang dituntut banyak melakukan perjalanan bisnis sebenarnya punya kesamaan: sama-sama lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan panjang di pesawat atau mobil, ketimbang duduk di kantor.

Kesamaan lainnya, sembari bepergian mereka tetap harus menyelesaikan berbagai tugas kantor dan berhubungan dengan rekan-rekan kerja.

Kondisi ini membuat mereka harus memiliki cara tersendiri untuk membuat hari-hari bekerja lebih efektif, efisien, dan tetap terkoneksi dengan lingkungan kerja.

Mungkin Anda pencinta traveling atau akan terjun ke dunia kerja yang menuntut banyak perjalanan bisnis, berikut 6 kiat bekerja sambil traveling:

1. Beri tahu di mana posisi Anda
Berada di sebuah tempat di antah-berantah mungkin menjadi sebuah keuntungan, karena Anda bisa bekerja dengan tenang tanpa keributan ruang kerja. Suasana tempat liburan yang menyenangkan juga mungkin memacu Anda bekerja lebih baik. Namun jangan lupa diri dan memutus hubungan dengan rekan kerja. Bagaimana pun, Anda harus memberi tahu di mana posisi Anda saat itu. Paling tidak Anda harus mudah dicari ketika tim kerja Anda butuh berdiskusi. Kirim pesan lewat jaringan pribadi, surel, atau yang paling mudah, perbarui status Anda di jejaring sosial. Sekalian menumpang eksis, kan? Hehehe.

2. Selalu cari kabar terkini
Jangan menunggu sampai ada orang yang mengabari Anda, tetapi Andalah yang harus berinisiatif menanyakan kabar kantor. Anda juga harus mencari tahu apakah ada diskusi atau rapat yang perlu Anda ikuti. Jarak dan waktu tak boleh jadi alasan Anda absen, mengingat teknologi sudah memberikan cara berkomunikasi jarak jauh. Tak ada salahnya pula bila sesekali Andalah yang mengundang tim untuk rapat.

3. Pilih cara komunikasi paling cepat
Perbedaan jarak dan waktu jelas tak boleh menjadi alasan untuk menghilang. Ada telepon, sms, e-mail, blog, twitter, facebook, skype, facetime, dan banyak lagi cara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi. Pilihlah yang menurut Anda paling efisien dan cepat. Jangan buang waktu hanya untuk menunggu satu balasan pesan. Alih-alih berlama-lama mengetik di chat room untuk menggelar rapat jarak jauh, lakukan video confrence melalui skype atau facetime.

4. Jangan kehilangan koneksi
Pastikan Anda selalu mendapatkan cara menyalakan koneksi internet. Entah dengan membawa modem, mencari jaringan WiFi, atau menyewa internet di mana pun lokasi Anda. Hindari alasan klasik kehabisan pulsa.

5. Tetap berkontribusi
Tak perlu dibicarakan lagi, meski sedang bepergian, partisipasi dan kontribusi Anda dalam tim tetap dibutuhkan. Dan Anda butuh upaya ekstra, mengingat secara fisik Anda tak ada di kantor hingga Anda berpotensi terlupakan. Buatlah agar kehadiran Anda tetap bisa dirasakan lewat kualitas kontribusi kerja Anda yang tetap terjaga.

6. Buat jadwal
Selama bepergian, kegiatan yang Anda lakukan mungkin akan sangat berbeda dengan rutinitas di kantor. Bisa jadi Anda sedang berada di pesawat, menyetir, atau mengunjungi lokasi wisata saat rekan-rekan kerja meminta Anda ikut serta dalam rapat. Untuk menghindari jadwal yang bentrok, kirim itinerary atau jadwal perjalanan Anda kepada salah seorang rekan kerja. Dengan begitu mereka bisa mengupayakan penyesuaian jadwal bekerja dengan kegiatan Anda.

Komentar