aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Pergunakan Puasa untuk Menahan Hawa Nafsu dan Menghargai Arti Makanan Lebih Baik

Sunday, 5 May 2019 05:00:55 WIB | Khairiyah Sartika
Pergunakan Puasa untuk Menahan Hawa Nafsu dan Menghargai Arti Makanan Lebih Baik
ilustrasi (depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang melatih diri menjaga diri menahan hawa nafsu dan menghargai arti makanan lebih baik.

Selain itu ada cara lain yang dapat Anda terapkan sehari-hari, agar makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih diresapi dan dihargai keberadaannya.

Seringkali kita terburu-buru menghabiskan makanan dan akhirnya lupa mensyukuri nikmat kenyang.

Bahkan ada yang bermalas-malasan dan enggan menghabiskan makanan yang ada di hadapannya sehingga membuang-buang makanan secara sia-sia.

Tentunya Anda tidak ingin jadi salah satu dari keduanya, bukan?

Karena itu Anda dapat belajar menghargai makanan lebih baik dengan proses "Mindful Eating".

Huffington Post, melansir sebuah artikel tentang pola makan positif yang dapat diterapkan dengan langkah-langkah berikut:

1. Tarik nafas

Sebelum mengambil makanan, tarik nafas terlebih dahulu. Tinggalkan pikiran yang mengganggu diri Anda. Mengkonsumsi makanan tidak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa, namun dalam kondisi yang nyaman dan menenangkan.

2. Menghargai

Luangkan waktu sebentar untuk bersyukur dengan makanan yang ada di hadapan Anda. Tak semua orang mendapatkan kesempatan mengkonsumsi makanan yang sama dengan Anda. Karena itu sangat penting menghargai setiap bentuk makanan yang ada.

3. Fokus

Fokus dengan cara mengkonsumsi makanannya. Perhatikan bentuknya, aromanya dan kenali bahan-bahan dasarnya. Selain mengenal makanan yang akan masuk ke dalam tubuh, Anda juga mengetahui apa saja yang masuk ke dalam tubuh serta dampaknya.

4. Rasa

Sambil mengunyah dan menelan makanan, perhatikan detail seperti tesktur, suhu dan rasa makanan di dalam mulut. Jangan asal kunyah, asal telan. Kenali cita rasa serta kekuatan bumbu di dalamnya. Selain kenikmatan di lidah, Anda juga memperoleh pengetahuan tambahan mengenai bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

5. Perhatian

Perhatikan respons tubu terhadap makanan yang baru saja Anda telan. Apakah membuat lebih tenang, senang atau berdebar-debar. Setiap makanan pasti akan memberikan efek yang berbeda. Dengan memperhatikan makanan, Anda dapat mengenal makanan yang dapat menjadi pembangkit mood.

(tika/gur)

Komentar