aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Dengan Media Sosial, Nola Be 3 Pantau Sepak Terjang Anak-anak di Jagat Maya

Monday, 23 April 2018 11:30:03 WIB | Rizki Adis Abeba
Dengan Media Sosial, Nola Be 3 Pantau Sepak Terjang Anak-anak di Jagat Maya
Dengan Media Sosial, Nola Be 3 Pantau Sepak Terjang Anak-anak di Jagat Maya (Ryan / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Menjadi ibu penyanyi cilik yang memasuki fase praremaja menjadi tantangan tersendiri bagi Riafinola Ifani Sari (39) atau Nola “B3”. 

Sang putri, Adyla Rafa Naura Ayu (12), kini menjadi penyanyi cilik yang eksis baik di jagat hiburan maupun di dunia maya. 

Sebagai kids zaman now, Naura eksis di media sosial. Selain bermain Instagram, ia memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan karya-karya terbaru dan membuat vlog pribadi. Diakui Nola, medsos berperan penting dalam perjalanan karier Naura. 

Sebagai orang tua, Nola mengawasi anak-anaknya dalam bermain medsos. Menurut Nyonya Baldy Mulya Putra, di era digital seperti sekarang orang tua tidak akan bisa menghindarkan anak dari paparan gawai dan medsos. Itu sebabnya, orang tua zaman now juga harus melek medsos. 

“Kalau orang tua cuma khawatir tapi enggak mau tahu seperti apa isi medsos, jelas anak-anak mereka bisa kebablasan di medsos. Orang tua harus pintar, harus mau belajar menggunakan medsos. Tugas orang tualah untuk mengawasi anaknya bermain medsos. Kalau tidak, berarti orang tuanya tidak bertanggungjawab. Kita tumbuh di zaman globalisasi, bebas berbicara, bebas berpikir, semua terbuka. Kalau orang tua tidak menyaring dan memberi batasan untuk anak dalam bermain medsos, itu berbahaya,” ulas Nola di Jakarta, pekan lalu.

Meski memberi kebebasan bermain medsos, Nola memberlakukan aturan ketat. Semua akun medsos anak-anak bisa dibuka lewat ponsel Nola. 

“Jadi saya bisa mengecek semua unggahan Naura dan adik-adiknya karena mereka masih di bawah pengawasan orang tua. Selain itu ada aturan soal penggunaan gawai. Mereka baru boleh pegang gawai setelah latihan atau saat akhir pekan,” akunya.

Dengan Media Sosial, Nola Be 3 Pantau Sepak Terjang Anak-anak di Jagat Maya (Ryan / tabloidbintang.com)
Dengan Media Sosial, Nola Be 3 Pantau Sepak Terjang Anak-anak di Jagat Maya (Ryan / tabloidbintang.com)

Dengan ikut aktif di medsos, Nola tahu sepak terjang anaknya di jagat maya. Ia mulai melihat perubahan Naura yang mengalami fase peralihan dari anak-anak menuju remaja. Menurut Nola, Naura kini selektif memilih foto untuk diunggah ke medsos. 

Semua itu demi membangun citra di medsos. “Inilah persoalan ibu-ibu saat menghadapi anak ABG. Anak umur segitu kalau saya perhatikan, semuanya pasti pencitraan di Instagram. Kalau foto, posenya seperti orang dewasa. Maunya kelihatan keren, padahal kalau bertemu aslinya duduknya enggak bener, makannya masih berantakan kayak bayi,” sambung Nola. 

Karenanya, Nola terus mengawasi Naura. Selain pencitraan, si sulung mulai mengalami perubahan hormon sehingga berpengaruh pada suasana hati.

“Labilnya mulai terasa, suasana hatinya cepat berubah. Saya selalu mengingatkan Naura karena posisinya sebagai figur publik bisa dibilang ia menjadi panutan. Dia harus lebih sadar dan hati-hati dalam bersikap,” pungkas Nola.

(riz / gur)

Komentar