aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Kiat Untuk Ibu Saat Si Kakak Susah Makan

Thursday, 12 April 2018 19:20:21 WIB | Wayan Diananto
3 Kiat Untuk Ibu Saat Si Kakak Susah Makan
Penting untuk memperhatikan makanan yang diasup si kecil. (Foto: Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada kalanya si kakak susah makan. Jika ini terjadi, Anda tak perlu was-was. Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, Spsi., Msi., menjelaskan aktivitas sederhana seperti makan bersama mestinya menjadi momen bahagia bagi orang tua dan anak. Saat si kakak susah makan, ada tiga langkah yang bisa ditempuh ibu. Pertama, inti makan adalah lapar. Maka, buatlah anak lapar dengan memperbanyak aktivitas fisik bersama baik di rumah maupun di luar rumah.

"Misalnya, membereskan mainan yang berserakan di rumah atau jalan-jalan ke luar rumah. Setelah lapar, jangan langsung memberikan makanan favoritnya. Dahulukan makanan sehat, setelah habis baru berikan makanan favoritnya," terang Anna dalam gelar wicara dan peluncuran kampanye "Lotte Choco Pie Premium Moments Together" di Jakarta pekan ini. Anna menambahkan, jangan membiasakan si kakak makan sambil bermain.

Menurutnya, aktivitas bermain bisa diberikan sebagai hadiah. Boleh bermain, setelah makanannya habis. Yang tak kalah penting, membuat jarak antara makan berat dengan snacking yakni satu atau dua jam. Kalau si kakak lapar sekali, makan berat saja cukup sementara snacking boleh dinomorsekiankan. Setelah itu, berikan apresiasi kepada anak.

"Katakan bahwa apa yang telah dikerjakannya baik. Tidak semua pujian harus dilontarkan secara verbal. Sesekali orang tua perlu menyampaikan apresiasi nonverbal dengan menatap wajah si kakak sambil tersenyum. Dengan demikian, anak merasa diperhatikan. Apresiasi untuk anak tidak harus dengan barang mahal, kok. Hal-hal ini sederhana, namun mampu menguatkan pertalian batin antara orang tua dengan anak," Anna menukas.

Melengkapi penjelasan Anna, Brand Manager Lotte Choco Pie, Oci Maharani menyebut membesarkan anak di era digital bukan perkara mudah. "Melalui kampanye ini, kami berharap para ibu menyadari pencapaian harian yang dibuat anak-anak mereka. Lotte Choco Pie sebagai camilan keluarga hadir untuk menyempurnakan kebersamaan ibu dan si buah hati."

Komentar