aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bermain Pura-pura, Sederhana Namun Kaya Manfaat

Sunday, 8 April 2018 03:30:07 WIB | Rizki Adis Abeba
Bermain Pura-pura, Sederhana Namun Kaya Manfaat
Bermain Pura-pura, Sederhana Namun Kaya Manfaat (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bermain adalah cara utama anak untuk belajar tentang banyak hal. Seiring perkembangan zaman, aneka jenis mainan anak, manual hingga digital, terus diproduksi.

Namun dari sekian banyak jenis mainan dan permainan untuk anak, seperti apa yang paling memberi manfaat?

Ternyata dalam berbagai kesempatan, para psikolog mengatakan, bermain pura-pura sangat penting serta memainkan peranan signifikan bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Permainan pura-pura adalah permainan imajinatif dengan cara memberikan peran tertentu untuk anak—yang harus mereka peragakan sesuai peran.

Mereka misalnya bisa berpura-pura menjadi dokter, pahlawan super, pemilik toko, petugas kasir, atau petugas pemadam kebakaran. 

Selama lebih dari 75 tahun, berbagai teori psikologi dan penelitian mengidentifikasi jenis permainan ini sebagai salah satu komponen vital dalam kecerdasan anak, terutama di usia 1,5 setengah hingga 7 tahun.

Bermain Pura-pura, Sederhana Namun Kaya Manfaat (Depositphotos)
Bermain Pura-pura, Sederhana Namun Kaya Manfaat (Depositphotos)

Sandra Russ, psikolog klinis anak dari Universitas Case Western Reserve, Ohio, AS, menyatakan ada beberapa proses kognitif dan afektif yang berkaitan dengan permainan pura-pura. 

“Dengan bermain pura-pura, anak mengembangkan kemampuan berbahasa, berfantasi, kemampuan meyakinkan orang lain (lewat peran), dan kemampuan memahami ide, tema cerita, serta simbol,” urai Russ.

Permainan pura-pura juga membuat anak mampu memahami ekspresi positif dan negatif, sehingga mereka dapat berempati terhadap orang lain dan situasi sekitar.

(riz / gur)

Komentar