aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Makanan Pendamping ASI buat Si Kecil versi Laura Basuki

Sunday, 4 March 2018 13:30:34 WIB | Wayan Diananto
5 Makanan Pendamping ASI buat Si Kecil versi Laura Basuki
5 Makanan Pendamping ASI buat Si Kecil versi Laura Basuki (Seno / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Menikah dengan Leo Sandjaja pada 2011, Laura Basuki dikaruniai Owen Sandjaja (2 tahun).

Setelah memberinya ASI eksklusif sejak lahir, begitu Owen memasuki usia 6 bulan, Laura memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Aktris kelahiran 9 Januari ini merekomendasikan 5 makanan pendamping ASI untuk Anda. Selamat menyimak.

1.    Bubur beras
“Biasanya penyajian bubur beras buat Owen saya campur dengan ASI. Bagi yang produksi ASI-nya kurang optimal, bisa mencampurnya dengan susu formula. Untuk anak usia 6 bulan yang baru kali pertama makan, saya sarankan memberi menu yang sama selama beberapa hari, kemudian cek apakah si kecil alergi dengan makanan itu atau tidak,” Laura membagi kiat.

2.    Pisang atau apel kukus
Bagi yang ingin memperkenalkan buah kepada anak, Laura menyarankan pisang dan apel, yang dikenal rendah risiko alergi. Selain itu, kandungan vitamin pada pisang dan apel sangat tinggi, efektif menunjang sistem kekebalan tubuh anak.

3.    Avokad
Setelah anak familier dengan rasa pisang dan apel, Laura memperkenalkan avokad kepada putranya. Buah ini kaya vitamin A, C, E, protein, lemak sehat, selenium, seng, dan karoten yang menunjang daya tahan tubuh bayi. Tekstur lembut avokad mudah dicerna bayi. 

4.    Brokoli
“Setelah 6 bulan, kandungan zat besi dalam ASI menurun drastis. Berpijak dari fakta dan data itu, saya memilih sayuran dengan kandungan zat besi tinggi untuk diperkenalkan kepada si kecil. Ada banyak sayuran, salah satunya brokoli,” beri tahu Laura. Selain kaya zat besi, brokoli mengandung vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Brokoli juga dikenal tinggi antioksidan, lo. 

5.    Kentang
Kalau si kecil sudah akrab dengan bubur beras, jangan ragu untuk memperkenalkan sumber karbohidrat lain. “Saya memperkenalkan kentang kepada Owen untuk mencukupi kebutuhan karbohidratnya. Saya perkenalkan dulu satu makanan kepada anak untuk dua atau tiga hari. Jika ia tidak mengalami alergi dan sembelit, ajak si kecil berkenalan dengan sumber pangan lain,” pungkas dia.

(wyn / gur)

Komentar