aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Memilih Buku yang Tepat untuk Bayi

Saturday, 20 January 2018 19:30:55 WIB | Rizki Adis Abeba
Kiat Memilih Buku yang Tepat untuk Bayi
Kiat Memilih Buku yang Tepat untuk Bayi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Meski belum bisa memahami kata-kata, membacakan buku memberi banyak manfaat untuk bayi.

Menurut Kenneth Wible, MD, dokter anak di Rumah Sakit dan Klinik Anak Mercy di Kansas City, Missouri, AS, bayi akan mendengarkan serta mengingat ritme, intonasi, dan nada suara Anda. 

Banyak dibacakan buku membuat bayi merekam lebih banyak kosakata bahkan meningkatkan kemampuan matematika mereka kelak.

Dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, jurnal tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak, dikemukakan bahwa ada kaitan antara seberapa banyak kata yang didengarkan bayi setiap hari dan kemampuan berbahasa mereka di usia 3 tahun. 

Kesadaran orang tua untuk mulai membacakan buku kepada bayi semakin tinggi. Hal ini ditandai dengan semakin banyak pilihan buku anak-anak dan buku khusus bayi.

Seperti apa buku yang tepat untuk bayi?

Hasil studi Lisa Scott, PhD, profesor psikologi di Universitas Florida, AS, yang dimuat dalam Child Development Journal atau jurnal pertumbuhan anak pada 2016, menyarankan agar orang tua memilih buku dengan karakter yang mempunyai nama untuk meningkatkan kerja otak bayi.

Ketika bayi mendengarkan cerita dengan karakter bernama, mereka akan lebih fokus dan memperhatikan lebih lama. Terjadi respons yang lebih baik di otak mereka.

“Penelitian ini mengungkapkan bahwa buku-buku dengan nama pada beragam karakter orang, binatang, atau objek di dalamnya akan memberikan pengalaman membaca buku yang lebih berkualitas pada bayi dan menghasilkan manfaat pembelajaran serta perkembangan otak bayi,” urai Lisa.

“Bisa jadi, nama karakter membuat orang tua lebih banyak bicara, lebih banyak menunjuk, atau membuat bayi dan orang tua memperhatikan hal sama pada waktu yang sama serta tersinkron satu sama lain.”

(riz / gur)

Komentar