aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Usia 10 - 14 Tahun Semakin Rentan Bunuh Diri, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Monday, 27 November 2017 22:30:00 WIB | Redaksi
Anak Usia 10 - 14 Tahun Semakin Rentan Bunuh Diri, Orang Tua Harus Lakukan Ini
Remaja Usia 10 - 14 Tahun Semakin Rentan Bunuh Diri, Orang Tua Harus Lakukan Ini (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Percobaan bunuh diri seperti overdosis obat terlarang dan melukai diri sendiri semakin meningkat. Kesimpulan ini berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat dari sebuah riset di beberapa ruang gawat darurat di rumah sakit. Menurut pakar kesehatan mental, cyberbullying, penyalahgunaan zat dan tekanan ekonomi berkontribusi terhadap masalah percobaan bunuh diri remaja.

"Ini harus menjadi perhatian orang tua, guru, dan dokter anak. Salah satu alasan penting untuk fokus mengurangi bahaya diri adalah faktor risiko utama untuk bunuh diri, "kata Dr. Mark Olfson, seorang profesor psikiatri Universitas Columbia, seperti dilansir Time, Senin (27/11).

Kenaikan paling tajam terjadi pada anak perempuan berusia 10 sampai 14 tahun. Ini meningkat tajam, hampir tiga kali lipat dari tahun 2009 hingga tahun 2015, berdasarkan studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. diterbitkan pada Journal of American Medical Association.

Menurut Ilmuan, Melissa Mercado, overdosis obat dan keracunan diri lainnya adalah metode yang paling umum dilakukan pada anak perempuan dan anak laki-laki. Selain itu menyakiti diri dengan benda tajam juga sering dilakukan.

Periset mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan bahwa upaya pencegahan harus dilakukan untuk membantu anak-anak dengan risiko terisolasi untuk lebih terhubung dengan teman sebayanya, dan mengajarkan keterampilan mengatasi masalah dan pemecahan masalah.

(ki / wida)

Komentar