aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Swaddle Bath, Cara Mudah Memandikan Bayi Baru Lahir Tanpa Drama

Friday, 6 October 2017 05:30:00 WIB | Yuriantin
Swaddle Bath, Cara Mudah Memandikan Bayi Baru Lahir Tanpa Drama
Memandikan bayi baru lahir bisa menggunakan teknik swaddle bath (Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Dianjurkan untuk memandikan bayi minimal 24 jam setelah bayi lahir. Untuk memudahkan pengalaman mandi pertama si kecil, para ibu bisa mencoba swaddle bath. 

Caranya, dengan membalut longgar tubuh bayi dengan selimut. Kemudian rendam bayi hingga bagian bahunya dalam air hangat (sekitar 37-39 derajat Celsius). Swaddle bath berlangsung 5-10 menit. 

Buka balutan selimut dengan perlahan, bersihkan kaki dan tangan bayi dan balut kembali. Cara yang diperkenalkan UC Health Poudre Valley Hospital ini membuat bayi rileks. Bahkan kebanyakan bayi tertidur ketika dimandikan. 

"Ketika mandi dengan spons, bayi cenderung menangis. Hal ini cukup dramatis untuk kedua orang tua dan bayi," ucap suster Edna Sailer dari UC Health Poudre Valley. 

Berdasarkan penelitan dari staf rumah sakit, hanya sekitar 38 persen bayi menangis ketika dilakukan swaddle bath. Sedangkan, 93 persen bayi menangis ketika dimandikan dengan spons. 

Dikutip dari laman UC Health, bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. 2-3 kali seminggu sudah cukup. 

"Mandi setiap hari bisa menyebabkan iritasi kulit dan mengurangi kelembapan alami kulit bayi. Cukup lap organ vital dan anus anak dengan air hangat setiap kali ganti popok, dan cuci muka dan leher anak setiap selesai makan dengan air hangat, setiap hari," jelas Edna. 

(yuri / wida)

Komentar