aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Lindungi Anak dan Ibu Hamil dari Bahaya Campak dan Rubela

Saturday, 19 August 2017 06:00:24 WIB | Rizki Adis Abeba
Lindungi Anak dan Ibu Hamil dari Bahaya Campak dan Rubela
Lindungi Anak dan Ibu Hamil dari Bahaya Campak dan Rubela (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Mulai 1 Agustus hingga September 2017 mendatang pemerintah menjalankan program imunisasi MR (Measles dan Rubella).

Imunisasi ini wajib diberikan kepada anak-anak sebagai pencegahan terhadap penyakit campak dan rubela atau campak Jerman.

Seperti apa bahaya penyakit campak dan rubela dan apa pentingnya imunisasi MR?

Dokter spesialis anak di rumah sakit Aulia Jakarta, dr. Dwi Miranti Anggraini, Sp. A --  akrab disapa Anggi –  menguraikan campak dan rubela adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. 

Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubela atau yang belum pernah mengalami penyakit ini berisiko tinggi tertular. Penularan terjadi melalui udara dan cipratan lendir yang mengandung virus.

Penyakit campak ditandai dengan gejala demam tinggi, timbulnya bercak kemerahan di kulit yang disertai batuk, pilek, dan mata merah. Pada tahap lanjut, campak dapat menimbulkan komplikasi serius seperti diare, radang paru atau pneumonia, radang otak, kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian. 

Sedangkan rubela ditandai dengan demam ringan, disertai munculnya ruam kemerahan di kulit selama 2-3 hari.

Penyakit ini tidak berbahaya jika terjadi pada anak. Akan menjadi berbahaya ketika anak yang mengidap rubela berada di dekat ibu hamil dan menularinya. Kelihatannya si anak hanya  demam atau masuk angin biasa, tetapi virus itu dapat menyebabkan ibu hamil keguguran.

Atau bayi bisa lahir, namun dengan sindroma rubela kongenital yang meliputi kelainan pada jantung, buta, tuli, dan gangguan perkembangan. 

(riz / gur)

Komentar