aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Hati-hati, Pemberian Nama yang Tak Biasa Bisa Berdampak Buruk pada Anak

Sunday, 21 February 2021 07:00:24 WIB | Wida Kriswanti
Hati-hati, Pemberian Nama yang Tak Biasa Bisa Berdampak Buruk pada Anak
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Baru-baru ini viral di media sosial daftar nama anak selebriti yang tergolong tidak biasa. Sebagian orang menganggapnya sebagai informasi yang menarik dan positif-positif saja. Namun sebagian besar merasa tak habis pikir mengapa orang tua bisa memberikan nama yang sangat tidak biasa kepada buah hatinya.

Dikutip dari New York Post, banyak penelitian menunjukkan bahwa memberi nama bayi dengan nama yang tidak biasa--kalau tidak mau disebut aneh--dapat menutup nasibnya sejak awal, membatasi pekerjaannya di masa depan, hingga terbatasnya peluang sosial.

Maka reaksi negatif yang ditunjukkan publik ketika melihat daftar nama anak selebriti yang tidak biasa, bisa jadi salah satu contoh 'nasib buruk' si kecil sejak awal, sebagaimana hasil penelitian yang pernah dilakukan tersebut.

Well, menjadi berbeda, unik, atau bahkan katakanlah sesuka hati, boleh-boleh saja dalam kehidupan. Akan tetapi efeknya tidak sama ketika sesuka hati dalam pemberian nama. Bagi penerima nama tersebut, ketika namanya terlalu tidak biasa (pengejaan yang sulit atau memiliki makna khusus yang tidak umum diketahui), maka ini akan menjadi beban untuk mengklarifikasi sepanjang umurnya. 

Orang-orang juga cenderung mudah merasa kesal dengan nama yang sulit dieja. Misalnya guru di sekolah, perawat di rumah sakit, hingga perekrut kerja. Secara alami, sulit bagi orang-orang untuk menghalau pikiran negatif ketika melihat sesuatu yang tidak ideal dari sudut pandang pribadinya.

Maka orang tua seharusnya berpikir sangat-sangat panjang terkait nama buah hatinya. Bayangkan anak Anda dipanggil maju untuk tampil di sebuah pertemuan penting dan besar. Lalu pembawa acara menyebutkan nama anak Anda keras-keras. 

Reaksi seperti apa kira-kira yang akan diberikan orang-orang yang melihat anak Anda? Sudahkan terbayang sejauh itu? Sementara anak Anda, misalnya, masih berusia sekolah dasar atau menengah, di mana mentalnya belum sekuat orang tuanya. Bisa bayangkan sejauh itu efeknya?

Lalu bagaimana solusinya? Masih dikutip dari New York Post, jika tidak mampu memberikan nama yang indah untuk anak-anak Anda, maka cukup berikan nama yang sewajarnya saja atau minimal tidak membuat kening Anda sendiri berkerut ketika melafalkannya.

Dan perlu diingat, bahwa sebagai seorang manusia sosial, jalan pertama untuk memberikan kesan bagus adalah melalui namanya.

Komentar