aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Melatih Self-Soothing pada Bayi, Seperti Ini Caranya

Thursday, 11 February 2021 23:30:23 WIB | Wida Kriswanti
Melatih Self-Soothing pada Bayi, Seperti Ini Caranya
Bayi akan mampu self-soothing atau menenangkan dirinya sendiri hingga kemudian tertidur. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Secara alami, bayi akan mampu self-soothing atau menenangkan dirinya sendiri hingga kemudian tertidur tanpa bantuan pengasuh lagi seiring pertambahan usianya. Akan tetapi, dengan beragam alasan, banyak orang tua atau pengasuh sengaja melatih bayi agar memiliki kemampuan ini sedini mungkin.

Ada dua pendapat berseberangan terkait hal ini. Kelompok pertama mengatakan bahwa sebuah tindakan kontroversial untuk sengaja melatih bayi self-soothing. Sementara kelompok lainnya mengatakan self-soothing sedini mungkin baik untuk kesejahteraannya.

Akan tetapi, karena tidak ada studi yang membuktikan kebenaran salah satu atau keduanya, maka melatih self-soothing pada bayi kembali pada kebutuhan atau pilihan orang tua.

Dilansir dari Media News Today, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan orang tua agar bayi bisa belajar self-soothing dan tidur sendiri. Belum tentu berhasil 100 persen, namun bisa dicoba orang tua bahkan sejak si kecil lahir.

1. Letakkan bayi di tempat tidurnya pada waktu yang sama tiap malam, pelan-pelan, dan dalam keadaan lampu kamar sudah dipadamkan.

2. Ciptakan rutinitas menjelang waktu tidur. Bisa berupa mandi atau mendongengkan cerita. Pastikan lakukan rutin.

3. Selalu hangat dan penuh afeksi saat menjelang waktu tidur. Dengan cara ini bayi bisa merasa aman dan nyaman.

4. Pastikan agar bayi tidak tidur siang lebih dari 3 jam. Sehingga saat waktu tidur tiba, bayi lebih mudah tidur karena tubuhnya secara alami memang membutuhkan tidur segera.

Beberapa teknik lain yang biasa digunakan untuk mendukung pembiasaan, antara lain memakaikan bedong, memeluk bayi di samping atau di atas perut, diayun, hingga memperdengarkan suara khusus yang menenangkan.

Mendampingi proses latihan self-soothing, pengasuh bisa tetap membantu menenangkan bayi dengan cara-cara yang sudah umum dilakukan. Antara lain dengan cara membedong, memeluk bayi di samping atau di atas perut, mengayun-ayun, hingga memperdengarkan suara khusus yang menenangkan.

Karena mereka yang mengasuh bayi membutuhkan tidur yang berkualitas, maka cara ini boleh-boleh saja dilakukan.

Komentar