aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bertelanjang Kaki dan Kebaikannya untuk Bayi yang Baru Belajar Jalan

Wednesday, 10 February 2021 22:00:21 WIB | Wida Kriswanti
Bertelanjang Kaki dan Kebaikannya untuk Bayi yang Baru Belajar Jalan
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu momen paling dinantikan orang tua dari buah hatinya, yaitu ketika mereka bisa berjalan dengan kedua kakinya sendiri. Bahkan kebanyakan orang tua melakukan beragam stimulasi untuk mempercepat datangnya momen ini.

Namun sayangnya, saat si kecil mulai sering berdiri dan berjalan sendiri, masih banyak orang tua yang justru menjadikan momen ini sebagai momen anak mulai pakai sendal atau sepatu. Alasannya, untuk melindungi kaki si kecil yang mulai menjelajah kemana-mana, tak terkecuali area luar rumah.

Padahal menurut pakar, membiarkan anak tetap bertelanjang kaki pada masa-masa awal mereka belajar berjalan jauh lebih baik. Dilansir dari HealthLine, bayi yang bertelanjang kaki akan lebih banyak mendapatkan informasi untuk otak mereka. Jadi sepatu atau sendal benar-benar tidak diperlukan, kecuali untuk keperluan foto-foto fashion si kecil, hehehe.

Dengan bertelanjang kaki, mereka akan bisa merasakan perbedaan tekstur dari beragam permukaan, misalnya kayu, karpet, bebatuan, atau bahkan rerumputan di halaman, dan lain-lain. Dengan beragam informasi ini, otak anak jadi mampu mengarahkan otot sekaligus keseimbangannya untuk bereaksi. Apakah harus berjinjit, menekan-nekan, atau bahkan merasa geli. Yang mana semuanya ini tak akan terasa jika anak mengenakan alas kaki.

Tentu saja, sebelum melepas si kecil untuk bereksplorasi, pastikan Anda membersihkan dulu permukaan yang akan dilalui dari benda-benda berbahaya dan berisiko melukai. Setelah yakin cukup aman, biarkan mereka berjalan sendirian dan bereksplorasi. Orang tua cukup mengawasi dengan memberi jarak aman.

Komentar