aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Agar Si Kecil Tak Terus Merengek Minta Dibelikan Barang yang Diinginkannya

Sunday, 20 September 2020 03:00:23 WIB | aura.co.id
Kiat Agar Si Kecil Tak Terus Merengek Minta Dibelikan Barang yang Diinginkannya
Ada kalanya anak merengek meminta dibelikan mainan kesukaannya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada kalanya anak merengek meminta dibelikan mainan kesukaannya, terutama saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Karena tidak mau ambil pusing, Anda pun menyerah dan selalu memenuhi permintaan si kecil.

Padahal, salah satu langkah untuk menghentikan kebiasaan ini adalah tahu kapan harus menolak permintaan anak tersebut. Jangan sampai perasaan bersalah membuat Anda takut untuk menolak rengekan anak yang tidak masuk akal.

Untuk mengetahui apakah permintaan anak tersebut berdasar, tanyakan padanya alasan ia menginginkan suatu barang. Pastikan anak memberikan alasan yang jelas, misalnya ia ingin membeli rok karena rok yang ia pakai sekarang sudah terlalu kecil.

Supaya ia tidak meminta dibelikan barang terlalu sering, Anda bisa menerangkan bahwa ia memiliki koleksi rok lain yang jarang dipakai. Atau Anda telah membelikan dia rok yang baru beberapa waktu yang lalu.

Ingatkan ia pula tentang barang apa saja yang ia beli dalam beberapa waktu terakhir seperti dilansir laman Young Parents. Dengan cara ini, anak akan menyadari bahwa permintaannya terkadang dipenuhi, terkadang tidak.

Solusi lain yang cukup manjur adalah ajak anak untuk membayar nilai sebagian barang yang dibeli. Anjurkan ia menyisihkan uang jajan per minggunya, yang nantinya bisa digunakan untuk membeli barang yang ia inginkan.

Terakhir dan yang terpenting adalah selalu jadi panutan yang baik untuk anak. Karena anak umumnya akan mencontoh sifat orang tuanya.

Komentar