aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ingin Anak Lebih Mandiri? Cobalah 7 Kiat Ini

Tuesday, 8 September 2020 01:00:23 WIB | aura.co.id
Ingin Anak Lebih Mandiri? Cobalah 7 Kiat Ini
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ingin anak lebih mandiri? Cobalah beberapa trik berikut ini seperti dilansir Parenting

1. Mulailah dengan memberikan kepercayaan kepada anak untuk beraktivitas, kemudian berikan pujian secara tidak berlebihan jika mereka berhasil. Misalnya, ketika anak berhasil memakai baju sendiri, alih-alih bilang “kenapa kamu nggak pakai baju yang ini?”, lebih baik bilang, “Hebat! Kamu bisa pakai baju sendiri, ya!”

2. Permudah tugasnya. Jika anak ingin menyiapkan sarapan sendiri, bantu ia dengan menyiapakan menu yang mudah. Misalnya dengan kita menyiapkan mangkuk, segelas susu, dan satu box cereal. Biarkan anak yang menuangkan susu dan gelas cereal-nya ke dalam mangkuk.

3. Berikan anak semangat dan batas waktu. Jika anak kesulitan merapikan kamarnya, Anda bisa memberikannya semangat dengan bilang, “Bayangkan kalau semuanya jadi lebih rapi. Pasti kamu bakal senang, deh. Bereskan dulu, nanti aku akan datang 15 menit lagi, ya? Aku percaya kamu pasti bisa.”

4. Memuji secara tidak langsung bisa memotivasi anak. Memuji anak kalau dia sudah berhasil mengerjakan pekerjaan rumahnya, sangat baik. Coba trik ini: ketika Anda lagi ngobrol dengan orang lain, sebisa mungkin puji anak Anda itu dengan pujian yang relevan di depan anak anda seperti, “Dera hebat, ia bisa membaca hingga 3 judul dalam seminggu.”

5. Biarkan mereka membantu Anda merapikan meja, menyapu, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Biarkan mereka merasa bertanggung jawab atas tugas-tugas itu. Jangan tolak bantuan mereka hanya karena mereka tidak bisa melakukan pekerjaan sesempurna Anda.

6. Buat mereka rajin membaca. Ketika anak mengatakan “aku bosan”, itu bukan berarti Anda langsung mengajaknya ke mal. Pastikan kalau anak Anda dikelilingi buku-buku seru yang tidak ada hubungannya dengan buku sekolah. Buku diari juga baik diberikan untuk mereka. Arahkan mereka untuk menggunakannya sebagai tempat mencatat ide atau inspirasi dari mana saja, khususnya dari buku-buku yang mereka baca.

7. Berikan petunjuk, bukan solusi. Ketika anak meminta Anda mengambilkan sesuatu untuk mereka, alih-alih Anda langsung mengambilkannya, lebih baik Anda memberi petunjuk di mana letak barang itu kepada anak. Meskipun sebenarnya, Anda sendiri benar-benar punya keleluasaan untuk mengambil barang itu.

Komentar