aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Cara Efektif Menangani Anak yang Keras Kepala

Saturday, 27 June 2020 05:00:23 WIB | aura.co.id
5 Cara Efektif Menangani Anak yang Keras Kepala
Pengaruh lingkungan dan gaya hidup yang serba modern seringkali menggiring perilaku anak menjadi buruk salah satunya sifat keras kepala. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Pengaruh lingkungan dan gaya hidup yang serba modern seringkali menggiring perilaku anak menjadi buruk salah satunya sifat keras kepala.

Untuk itu, orang tua perlu melakukan cara terbaik untuk mengembangkan kebiasaan baik dan pola perilaku yang baik bagi anak, sehingga mencegah anak keras kepala.

Apa saja cara yang efektif untuk menangani perilaku anak yang keras kepala? Berikut dilansir laman Boldsky:

1. Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda

Pentingnya meluangkan waktu berkualitas dengan anak terlebih saat mereka beranjak remaja. Cobalah untuk ramah dan mencari tahu apa yang anak pikirkan dan berbicaralah dengan bebas bersama mereka. Jangan sampai mereka jauh dari orang tua dan berperilaku buruk dan keras kepala.

2. Memberikan panduan untuk anak

Anda harus membimbing anak-anak Anda dengan cara mengetahui apa yang baik dan buruk bagi mereka. Pengawasan sangat penting terlebih saat mereka membutuhkan kita untuk sebuah bantuan maupun saran. Jangan sampai Anda meninggalkan mereka saat kondisi dilema.
 
3. Membiasakan anak ramah pada orang lain

Tak ada salahnya Anda membimbing anak-anak untuk bersikap ramah pada orang lain. Tunjukkan bagaimana berperilaku baik dengan saudara mereka, tetangga, teman sekolah dan teman lainnya. Dengan demikian, dapat menjauhkan diri dari perilaku keras.
 
4. Hindari membatasi anak berlebihan
 
Membatasi anak dapat memicu tingkat ketidakpuasan antara anak dan Anda. Hal itu bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan mereka.
 
5. Pentingnya pengawasan orang tua
 
Menonton TV dan internet secara berlebihan dapat membahayakan anak. Tanpa bersikap kasar, Anda bisa membawa anak menonton program yang informatif. Sedangkan, pemakaian internet hanya diperbolehkan untuk kebutuhan pendidikan saja.

Komentar