aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Terbaik untuk Meredakan Emosi Anak Balita

Saturday, 27 June 2020 02:00:34 WIB | aura.co.id
Cara Terbaik untuk Meredakan Emosi Anak Balita
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Perilaku anak di usia balita seringkali berubah-ubah, mudah marah, berteriak, hingga menangis. Orangtua sebaiknya mampu menahan emosi dan menghindari sikap memarahi, berteriak, apalagi membentak anak. 

Salah satu cara terbaik untuk meredakan emosi anak adalah dengan humor atau sesuatu yang lucu.

Selain itu, berikut beberapa cara terbaik untuk meredakan emosi anak, sebagaimana dilansir dari laman Familyshare:

1. Hindari rasa takut

Saat suasana tegang, lakukan sesuatu hal yang membuat anak tertawa. Jangan tatap anak dengan kemarahan yang membuatnya takut. Buat anak tertawa dengan sebuah lelucon, sehingga suasana tegang pun kembali mencair.
  
2. Alihkan perhatian pada hal lain

Ubah topik pembicaraan untuk mengalihkan perhatiannya. Jika ada permasalahan yang perlu dibahas, tunggu hingga kondisinya tenang. Hal ini untuk meringankan situasi, baru Anda bisa membicarakan kesalahannya dengan kondisi tenang.

3. Buat cerita yang lucu

Untuk menenangkan anak, tak ada salahnya membuat sebuah cerita lucu, hal itu juga mampu membuat diri Anda tenang. Nah, setelah anak melihat Anda tidak lagi marah, ia pun akan mengubah nada suaranya. Saat anak tersenyum, akan lebih mudah berkomunikasi lebih baik dengan anak.
 
4. Ajarkan anak mengontrol emosi

Tunjukkan kepada anak bagaimana mengatasi emosi dengan baik. Sehingga, anak pun dapat mengatasi kemarahannya dengan baik di masa depannya.  Untuk itu, ia harus mulai belajar meredakan emosinya sejak dini. Metode ini digunakan untuk meredakan situasi, dan membantu anak mengontrol emosi.  

AURA

Komentar