aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Kakak dan Adik Akur Berbagi Kamar: Tempat Tidur Bertingkat

Friday, 19 June 2020 09:00:16 WIB | aura.co.id
Agar Kakak dan Adik Akur Berbagi Kamar: Tempat Tidur Bertingkat
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Urusan berbagi kamar tidur kakak dan adik tak selalu berjalan mulus. Tak jarang, menimbulkan konflik antara si kakak dan adik.

Lantas, bagaimana cara orang tua menyikapinya?  

Salah satu cara meredam potensi konflik anak yang berbagi kamar adalah dengan menggunakan tempat tidur bertingkat. Selain untuk menyiasati kamar yang sempit, tempat tidur model ini juga memberi sedikit ruang privasi bagi anak. 

"Dibanding satu tempat tidur besar untuk dua anak, tempat tidur bertingkat akan membuat anak bisa mendefinisikan dengan jelas area pribadi mereka yang tidak boleh diganggu atau digunakan secara sembarangan oleh saudaranya," ujar Craig Canapari, MD, dokter anak dan Direktur Pusat Tidur Anak di Universitas Yale, AS.

Akan tetapi sebelum menggunakan tempat tidur model ini, perhatikan faktor keamanan terlebih dahulu. Craig mengingatkan orang tua hanya menggunakan tempat tidur bertingkat untuk anak yang telah cukup umur, minimal berusia 6 tahun. Karena anak di bawah usia ini belum memiliki kemampuan motorik yang baik. Artinya, kemampuan anak untuk naik dan turun tangga belum mumpuni, sehingga anak berisiko terpeleset atau terjatuh dari tempat tidur. 

Komentar