aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Bahasa Cinta untuk Membuat Anak Merasa Disayangi

Tuesday, 26 May 2020 01:00:23 WIB | aura.co.id
5 Bahasa Cinta untuk Membuat Anak Merasa Disayangi
Setiap anak berbeda dan menyukai bahasa cinta yang berbeda pula. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak semua orang bisa mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata, termasuk kepada anak. Seberapa sering Anda mengatakan “sayang” pada anak, atau kapan terakhir kali mendengar anak mengatakan, “Aku sayang ibu”? Gary Demonte Chapman, konselor keluarga asal Carolina Utara, AS, merumuskan lima bahasa cinta untuk anak di dalam buku The Five Love Languages of Children.

Menurutnya, setiap anak berbeda dan menyukai bahasa cinta yang berbeda pula. “Jika ingin anak merasa dicintai, kita harus bicara dengan bahasa cinta yang disukai anak,” urai Chapman. Jika bukan dengan kata-kata, bagaimana menyampaikan rasa sayang pada anak? Berikut lima bahasa cinta untuk membuat anak merasa dicintai, seperti yang dirumuskan Gary Demonte Chapman:

1. Pujian

Ada anak yang senang mendengar kalimat pujian dan penegasan atas hal-hal baik yang sudah dicapainya, seperti, “Rambutmu bagus sekali, hari ini!” atau “Keren sekali, gambarmu!” Lontarkan kata-kata yang berfokus pada kepribadian, pencapaian, penampilan, apapun yang menegaskan kelebihan mereka. Memberikan hadiah kepada anak-anak yang membutuhkan penegasan tidak akan membuat mereka bahagia.

2. Mengandalkan

Ketika anak semakin besar, Anda bisa mengekspresikan rasa sayang dengan mengajarkan dan meminta anak melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Bagi anak-anak, perasaan bisa diandalkan dan dibutuhkan amatlah penting. Jika anak Anda bersemangat ketika diminta membantu mengangkat jemuran atau memungut benda yang jatuh di lantai, sering-seringlah meminta bantuan mereka. Dan ingat, mengeluh atau komplain karena pekerjaan mereka tidak sesuai harapan Anda akan membuat hati mereka menciut. Berikan apresiasi sekecil apapun.

3. Memberikan hadiah

Tidak perlu setiap saat dan hadiah mahal. Sekotak permen, sebuah buku, atau gambar buatan tangan Anda sudah cukup menjadi kejutan kecil yang membuatnya merasa dicintai. Namun hati-hati, pada anak dengan kecenderungan mengungkapkan cinta dengan hadiah, sedikit hadiah bisa diartikan sedikit cinta untuk mereka. Anda harus kreatif mencari ide kejutan untuk anak.

4. Waktu berkualitas

Ada anak yang merasa dicintai ketika menghabiskan waktu berkualitas dengan orangtuanya. Entah itu sekadar makan bersama, dibacakan buku cerita, atau berendam di bak mandi bersama. Yang terpenting bukan kegiatannya, namun waktu bersama orangtua. Agak sulit dilakukan jika Anda punya lebih dari satu anak, karena anak model ini menginginkan perhatian penuh dari orangtua.

5. Sentuhan fisik

Kekuatan emosional dari sentuhan fisik tidak terbantahkan. Ada anak yang senang dengan sentuhan fisik seperti pelukan, ciuman, atau sekadar sentuhan di punggung. Gestur-gestur seperti itu membuat mereka merasa dicintai juga merupakan cara mereka mengungkapkan rasa cinta kepada Anda. Jangan ragu untuk sering memeluk anak bahkan meski mereka telah beranjak dewasa.

Meski merekomendasikan fokus pada satu cara mengungkapkan cinta, Chapman mengingatkan Anda untuk tetap menggunakan keempat cara lainnya. “Anak menerima cinta terbaik dengan bahasa yang disukainya, namun tidak diragukan lagi mereka juga mendapatkan keuntungan dari semua ekspresi cinta
tanpa syarat dari Anda,” pungkas Chapman. 

Komentar