aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Perhatikan 4 Hal Ini saat Si Kecil Mulai Tertarik Menggunakan Makeup (1)

Monday, 13 January 2020 12:30:47 WIB | Rizki Adis Abeba
Perhatikan 4 Hal Ini saat Si Kecil Mulai Tertarik Menggunakan Makeup (1)
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda mempunyai anak perempuan, akan ada masanya ketika anak sangat tertarik dengan peralatan makeup. Ini salah satu pertanda anak mulai bertumbuh, namun terkadang membuat orang tua panik. Apakah anakku sudah boleh bermain alat makeup? Kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memperkenalkan anak perempuan dengan makeup?

Sesungguhnya tidak ada jawaban yang paling benar untuk menjawab pertanyaan ini. Topik soal tata rias dan peralatan makeup  pada anak adalah hal yang sangat personal, tergantung pada anak dan nilai-nilai yang diterapkan di keluarga Anda. Namun, ada beberapa pedoman yang bisa Anda jadikan panduan untuk memperkenalkan peralatan makeup pada anak perempuan Anda.

Kapan Anak Boleh Mulai Memakai Makeup?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Ada orang tua yang memperbolehkan anak menggunakan lip gloss sejak usia sembilan atau sepuluh tahun. Namun orang tua lain mungkin baru memperbolehkan anaknya menggunakan lip gloss di usia 16 tahun.

Yang perlu diperhatikan, bagaimana tingkat kematangan anak dan apa alasan mereka memakainya. Penting bagi anak-anak untuk memahami bahwa merias wajah bukanlah sesuatu yang dilakukan untuk membuat mereka merasa cantik dan bisa diterima lingkungan. Karena ada anak yang merasa perlu menutupi kekurangannya dengan makeup agar bisa diterima di lingkungan pergaulannya.

Biasanya anak mulai tertarik mengenakan peralatan makeup ketika memasuki bangku SMP, namun bisa berbeda pada setiap anak. Jika Anda termasuk ibu yang gemar menggunakan alat makeup, anak Anda mungkin sekali lebih cepat tertarik pada peralatan makeup karena ingin meniru sang ibu. Ini bukan hal yang buruk, namun penting untuk memastikan bahwa mereka tahu apa yang mereka kenakan.

Seberapa Banyak Makeup Yang Bisa Digunakan?

Jika Anda sudah memutuskan untuk mengizinkan anak menggunakan peralatan makeup, Anda tetap harus membuat aturan seberapa banyak peralatan makeup yang boleh digunakan anak. Anda juga harus menentukan seperti apa riasan untuk digunakan sehari-hari, misalnya untuk ke sekolah, untuk pergi berjalan-jalan, dan untuk pergi ke pesta atau acara resmi lainnya. 

Yang perlu dihindari adalah pemakaian makeup yang berlebihan dan tidak sesuai dengan tempat dan suasana. Jangan biarkan anak pergi ke sekolah dengan makeup yang terlalu tebal. Sekalipun anak Anda menunjukkan minat pada tata rias pada usia muda, seperti di sekolah dasar, bukan ide bagus untuk membiarkan mereka memakai riasan wajah penuh. Mereka tidak membutuhkannya, mereka mungkin tidak cukup matang secara emosional untuk itu, dan mungkin itu juga berbahaya bagi kulit mereka yang masih sensitif.

Secara umum, peralatan makeup ringan seperti lip gloss, bedak tabur, dan eyeshadow dengan warna-warna muda mungkin masih layak untuk dipakai anak-anak sekolah. Namun pemakaian alat makeup yang lebih berat seperti lipstik, perona pipi, dan eyeshadow berwarna terang sebaiknya ditunda hingga anak lebih dewasa.

bersambung

(riz)

Komentar