aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sterilisasi Perangkat Makan dan Minum Bayi agar Si Kecil Tak Kena Berbagai Penyakit

Friday, 29 November 2019 17:30:49 WIB | Panditio Rayendra
Sterilisasi Perangkat Makan dan Minum Bayi agar Si Kecil Tak Kena Berbagai Penyakit
Mahaton Baby Max UV Portable Sterilizer

TABLOIDBINTANG.COM - Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba. Jika sudah punya rencana liburan bareng pasangan dan si kecil, ada banyak persiapan yang harus ditempuh. Salah satunya perangkat makan dan minum buah hati Anda.

Selain menyiapkan alat makan dan minum, ada baiknya bawa sterilizer. Fungsinya, memastikan peranti makan dan minum si kecil bebas kuman maupun bakteri. Dr. Andina Chrisnawati Rahardjo, SpA, Mkes, mengingatkan, menjaga kebersihan alat makan menghindarkan si kecil dari berbagai penyakit salah satunya diare.


Diare membuat si kecil kekurangan cairan alias dehidrasi. “Dehidrasi punya banyak gejala di antaranya lemas atau tidak aktif, tampak mengantuk, ubun-ubun cekung, mata cekung, mulut kering, elastisitas kulit berkurang, serta buang air kecil jarang dan sedikit,” beber Andina di Jakarta, Jumat (29/11/2019). Kebersihan peranti buah hati patut diperhatikan. “Peralatan baru wajib disterilisasi. Peralatan lama yang sudah disimpan juga mesti dibersihkan. Minimal sehari sekali sampai usia anak minimal setahun,” imbuhnya.


Andina mengulas ini dalam gelar wicara “Traveling Nyaman Bersama Mahaton Baby Max UV Portable Sterilizer.” Dalam acara itu, diperkenalkan Mahaton Baby Max portable sterilizer berbasis UV dengan ukuran sebesar termos dan berat hanya 400 gram. “Kami sadar daya tahan tubuh bayi belum sempurna, masih rentan kena penyakit jika peranti yang berkaitan dengan mulut si kecil kurang steril. Mensterilkan peranti bayi mudah tapi saat keluar rumah, dibutuhkan alat yang ringkas,” terang Marketing and Sales Manager Mahaton, Jevin.


Menguatkan keterangan Jevin, Andina mengingatkan para ibu untuk tidak menunda mencuci serta mensterilkan perangkat bayi.

Jangan pula membiarkan perangkat bayi yang kotor menumpuk dulu baru dibersihkan. “Dengan demikian berbagai mikroorganisme seperti bakteri, parasit, jamur, maupun virus akan mati. Tujuan akhirnya, kesehatan si kecil tidak terganggu. Apalagi di tahun pertama kehidupannya selain mengasup ASI, si kecil berkenalan dengan makanan pendamping ASI,” Andina mengakhiri perbincangan.

Komentar