aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Sering Rewel dan Uring-uringan, Waspada Gejala Gangguan Kecemasan

Friday, 22 November 2019 10:30:17 WIB | Rizki Adis Abeba
Anak Sering Rewel dan Uring-uringan, Waspada Gejala Gangguan Kecemasan
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak alasan yang bisa membuat anak rewel dan terkesan uring-uringan. Salah satu penyebabnya, bisa jadi anak mengalami anxiety atau kecemasan berlebihan. Apalagi, studi menyebutkan bahwa jumlah anak yang mengidap penyakit kesehatan mental berupa kecemasan berlebihan semakin meningkat dewasa ini.

“Semua anak bisa saja mengalami ledakan emosi, menangis, marah, atau mengalami tantrum di saat-saat tertentu. Namun, bagi beberapa anak, situasi seperti itu terjadi secara terus-menerus. Mereka seolah memiliki amarah yang meluap-luap ketika melewati masa kanak-kanak, kesulitan saat mengerjakan tugas sehari-hari, atau mengamuk ketika diantar ke sekolah,” ungkap Rebecca H. Bitsko,Ilmuwan Kesehatan Umum di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta, Georgia, AS.

Dalam situasi ini, orang tua sering merasa bingung dan tidak berdaya untuk menghentikan mereka. Dan banyak orang tua yang tidak menyadari, kondisi ini menunjukkan “masalah” yang lebih dalam. Bisa jadi ini dipicu oleh kecemasan berlebihan pada anak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Rebecca H Bitsko dkk. yang diterbitkan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, sekitar 2 juta anak-anak dan remaja di AS memiliki gangguan kecemasan yang dapat didiagnosis. Kecemasan cenderung meningkat ketika anak-anak kembali ke sekolah dan berakibat pada meningkatnya masalah perilaku pada anak di sekolah.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan kecemasan pada anak. Bisa karena faktor genetika, tapi ada penyebab eksternal juga. Tekanan akademis yang berlebihan, transisi ke lingkungan baru, dan trauma masa lalu menjadi faktor eksternal yang dapat memicu masalah kecemasan pada anak. 

(riz)

Komentar