aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mata Bayi Seperti Juling Saat Baru Lahir, Benarkah Pertanda Gangguan Pengelihatan?

Saturday, 9 November 2019 03:00:05 WIB | Rizki Adis Abeba
Mata Bayi Seperti Juling Saat Baru Lahir, Benarkah Pertanda Gangguan Pengelihatan?
Ilustrasi bayi (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Selain tidak perlu mewaspadai kebiasaan bayi menatap langit-langit ruangan, Anda juga tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan ketika posisi bola mata bayi Anda yang baru lahir terlihat tidak selalu singkron atau ia terlihat sering menyilangkan bola mata. Sebab, ini belum tentu menjadi pertanda buruk bagi pengelihatan anak Anda.

Mary Kohn, dokter anak di Rumah Sakit Universitas Colorado, AS, mengatakan kondisi ini biasanya dipengaruhi otot-otot mata yang belum berkembang. “Ini karena mereka tidak fokus pada apa pun dan otot mata mereka agak lemah.”

Tidak perlu khawatir, Biasanya ini hilang pada usia 2 hingga 4 bulan, dan bahkan dapat menjadi alasan mengapa anak Anda terus menatap langit-langit. “Bisa jadi ini disebabkan lemahnya otot ekstraokular mereka, otot yang mengendalikan pergerakan mata,” jelas Mary Kohn.

Mary Kohn menyarankan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter anak jika mencurigai ada sesuatu yang lebih serius terjadi pada bayi Anda. “Bayi dengan gerakan mata berkeliaran atau mereka yang tidak pernah melakukan kontak mata mungkin buta atau memiliki penglihatan yang sangat rendah,” kata Kohn. Tapi ini tidak terlalu umum, dan Anda tidak perlu khawatir bayi Anda memiliki masalah ini hanya karena mereka tertarik pada langit-langit.

Senada dengan Mary Kohn, Dr. Sanam Hafeez, PsyD., dokter ahli saraf di New York, AS juga memperingatkan, jangan melulu mengandalkan google. “Sebab para ibu mungkin hanya akan mendapat banyak informasi mengenai autisme dan ADD (Attention Deficit Disorder) jika mencari tahu informasi mengenai gejala ini di mesin pencarian google. Padahal, autisme dan ADD adalah kondisi yang tidak bisa didiagnosa ketika anak baru lahir,” tegas Sanam Hafeez.

( riz / ray)

Komentar