aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Tunggal VS Anak Non-Tunggal, Mana yang Punya Teman Lebih Banyak?

Wednesday, 6 November 2019 20:00:54 WIB | Rizki Adis Abeba
Anak Tunggal VS Anak Non-Tunggal, Mana yang Punya Teman Lebih Banyak?
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Mempunyai saudara kandung sangat membantu anak dalam belajar berinteraksi dengan orang lain. Namun ini bukan berarti bahwa anak tunggal tidak bisa mempunyai kemampuan sosial yang baik dibanding anak dengan saudara kandung dan tidak mempengaruhi kuantitas pergaulan mereka di masa dewasa.

Meghan Walls, PsyD, psikolog anak dari Divisi Kesehatan Perilaku di Nemours Children’s Health System di As mengungkapkan, “Ada bukti yang menunjukkan bahwa anak tunggal juga mempunyai keterampilan (sosial) yang mirip dengan anak-anak dengan saidara kandung, bahkan mereka bisa lebih ramah.”

Meghan Walls juga menyebut bahwa sebagian besar penelitian menemukan bahwa jumlah teman yang dimiliki anak tunggal dengan anak yang mempunyai saudara kandung tidak berbeda jauh. Sebab, perilaku sosial tidak sama dengan sifat sosial.

“Dibandingkan dengan orang dewasa yang tumbuh bersama saudara kandung, orang dewasa yang tumbuh sebagai anak tunggal memang memiliki kegiatan sosial yang kurang intens dengan kerabat mereka, bahkan perbedaannya cukup signifikan dengan orang dewasa yang tidak tumbuh bersama orang tuanya,” beri tahu Meghan Walls.

Namun itu bukan berarti mereka anti-sosial. Mereka hanya mendapat kesempatan yang lebih sedikit untuk berinteraksi dengan keluarganya, karena terkendala masalah kuantitas anggota keluarga.

Meghan Walls menyimpulkan bahwa ketika anak telah tumbuh menjadi orang dewasa, tidak ada perbedaan signifikan antara anak tunggal dengan anak non-tunggal dalam hal kemampuan sosialisasi. Meski ada keuntungan yang bisa diperoleh anak dengan memiliki saudara kandung, namun bukan berarti anak tunggal akan tumbuh menjadi anak yang anti-sosial.

(riz/ari)

Komentar