aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Dengan Banyak Saudara Lebih Pandai Bersosialisasi Daripada Anak Tunggal?

Wednesday, 6 November 2019 13:00:42 WIB | Rizki Adis Abeba
Anak Dengan Banyak Saudara Lebih Pandai Bersosialisasi Daripada Anak Tunggal?
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam Jurnal Psikologi Keluarga di AS disebutkan, interaksi antara saudara kandung merupakan hal yang krusial dalam perkembangan sosial dan personal seorang anak. Hubungan kakak beradik, meski tidak selalu akur, namun bisa memberikan lapisan tambahan dalam dukungan sosial saat seorang anak mengalami periode pertumbuhan kritis.

Tetapi apakah anak yang memiliki banyak saudara kandung lebih pandai bersosialisasi, atau hanya lebih sadar sosial berkat interaksi sehari-hari mereka dengan anggota keluarga mereka?

Menjawab pertanyaan ini, Shane G. Owens, Ph.D, ABPP, psikolog perilaku dan kognitif anak asal New York, AS, mengatakan, “Anak-anak dengan banyak saudara kandung mungkin tidak lebih sosial dibanding anak tunggal, namun mereka mempunyai lebih banyak kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan sosial daripada anak yang tidak punya kakak atau adik,” jelas Shane G. Owens.

“Anak-anak yang mempunyai banyak saudara hampir selalu mendapat kesempatan mempraktikkan kemampuan berbagi, bergantian, dan kemampuan yang lebih kompleks lagi seperti mendengarkan dan mengambil perspektif,” lanjut Shane G. Owens. Sementara itu anak tunggal biasanya baru mendapat kesempatan itu ketika mereka bertemu anak lain di luar rumah.

Dan tidak bisa dipungkiri, banyak keuntungan yang diperoleh seorang anak dari interaksi, baik positif maupun negatif, dengan saudara kandungnya. “Terkadang anak belajar bagaimana cara menghindari masalah atau cara agar tidak menyakiti perasaan orang lain dengan menyaksikan saudara mereka saat melakukan kesalahan itu. Ini yang disebut pelajaran sosial dan menjadi bagian penting dari kemampuan bertahan hidup,” tandas Shane G. Owens.

(riz/ari)

Komentar