aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Curhat dengan Bayi Saat Alami Masalah Menguntungkan Bagi Ibu dan Bayi, Asal..

Monday, 9 September 2019 21:00:30 WIB | Rizki Adis Abeba
Curhat dengan Bayi Saat Alami Masalah Menguntungkan Bagi Ibu dan Bayi, Asal..
Ilustrasi ibu dan bayi (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Keluarga di Univesitas Cambridge mengungkapkan bahwa ketika berselisih dengan suaminya, para ibu cenderung akan mencurahkan isi hati mereka ke bayi laki-lakinya. Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Elian Fink ini menemukan bahwa semakin ibu merasa tidak puas dengan pasangannya, semakin sering mereka mengajak bayinya mengobrol.

Sebaliknya, para ayah tidak melakukan hal yang sama terlepas dari kualitas dan kepuasan mereka terhadap hubungannya dengan pasangan. Para ayah cenderung tidak berbicara dengan bayi mereka, apalagi membicarakan persoalan rumah tangga.

Kabar baiknya, jika konten obrolan ibu dan bayi merupakan hal positif, hal itu bisa memberi keuntungan bagi ibu dan bayi. Di satu sisi ibu akan mendapat kelegaan karena tidak memendam pikiran, di sisi lain bayi mengembangkan kemampuan bahasa dan berbicara. Selain itu ibu dan bayi secara bersamaan mendapat keuntungan dari terbangunnya ikatan batin ibu dan anak yang semakin erat.

“Menemukan waktu untuk berbicara dengan anak-anak adalah sangat penting. Menggunakan peluang dalam rutinitas sehari-hari, seperti waktu makan dan waktu tidur, untuk melakukan percakapan dengan anak Anda dapat membantu mendorong pembicaraan anak di kemudian hari,” kata Dr. Elian Fink menyimpulkan.

Sayangnya, para peneliti tidak menganalisa secara spesifik mengenai konten obrolan yang biasa dilakukan oleh ibu terhadap bayinya ketika mereka sedang berselisih dengan sang suami sehingga tidak bisa diketahui pasti apakah isi obrolan mereka positif atau negatif.

(riz / ray)

Komentar