aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Sebabnya Mengapa Bayi Ikut Terbangun Dari Tidur Ketika Ibunya Bangun

Wednesday, 14 August 2019 03:00:35 WIB | Rizki Adis Abeba
Ini Sebabnya Mengapa Bayi Ikut Terbangun Dari Tidur Ketika Ibunya Bangun
Ilustrasi ibu dan bayi (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Masih banyak ibu yang meyakini jika bayi terlalu sering digendong ibunya maka mereka akan mengalami bau tangan, yakni kondisi ketika bayi terkesan ketergantungan dengan tangan sang ibu dan hanya bisa tenang jika digendong sang ibu. Namun tahukah Anda, bau tangan pada bayi merupakan hal yang normal bahkan menjadi pertanda baik bagi hubungan ibu dan bayi?

Bayi mulai mengenali aroma tubuh ibunya sejak mereka berada di dalam kandungan. Aroma pertama yang dikenal bayi adalah aroma air ketuban, lalu ketika mereka dilahirkan aroma tubuh sang ibu menjadi aroma yang paling diakrabi bayi. Ini sebabnya, aroma tubuh ibu merupakan aroma yang membuat bayi merasa tenang dan nyaman.

“Indera penciuman mereka sudah berkembang secara dini selama kehamilan dan aroma pertama yang terekspos ke bayi adalah aroma air ketuban,” jelas Jessica Madden, M.D., dokter anak yang juga ahli neonatologi di rumah sakit Rainbow Babies and Children Hospital di Cleveland, Ohio, AS.

Bayi mencium aroma tubuh ibunya (Deposit Photos)
Bayi mencium aroma tubuh ibunya (Deposit Photos)

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Breastfeeding Medicine bahkan ditemukan bahwa aroma ASI ibu mempunyai efek menenangkan pada bayi prematur. Disebutkan pula bahwa untuk beberapa bayi, aroma tubuh ibu mampu membuat ibu dan bayi tidur lebih nyenyak ketika mereka tidur di dalam satu kamar.

Maka jangan heran jika bayi Anda seolah bisa mengetahui ketika Anda mengendap-endap dan meninggalkan mereka di tempat tidur. Ketika bayi refleks terbangun dan menangis ketika Anda meninggalkannya di tempat tidur, itu merupakan reaksi alami ketika bayi kehilangan aroma tubuh ibunya yang menangkan. Itu juga pertanda bahwa ikatan batin Anda dengan bayi sudah mulai terjalin dengan baik.

(riz / ray)

Komentar