aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bayi yang Baru Lahir Bisa Mengenali Aroma Tubuh Ibunya, Ternyata Begini Prosesnya

Wednesday, 14 August 2019 02:00:06 WIB | Rizki Adis Abeba
Bayi yang Baru Lahir Bisa Mengenali Aroma Tubuh Ibunya, Ternyata Begini Prosesnya
Ilustrasi ibu dan bayi (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Di awal-awal kehidupannya, bayi belum bisa melihat dengan jelas. Namun mereka bisa mengenali ibunya dari aroma tubuhnya. Bagaimana bayi bisa mengenali aroma tubuh ibunya, kapan hal itu mulai terjadi, dan mengapa aroma tubuh ibu bisa memberikan dampak yang besar pada bayi?

Dr. Jessica Madden, M.D., dokter anak yang juga ahli neonatologi di rumah sakit Rainbow Babies and Children Hospital di Cleveland, Ohio, AS, menjelaskan bahwa kemampuan bayi untuk mengenali aorma tubuh ibunya sudah dimulai semenjak mereka masih berada di dalam rahim ibu. “Indera penciuman mereka sudah berkembang secara dini selama kehamilan dan aroma pertama yang terekspos ke bayi adalah aroma air ketuban,” jelas Jessica Madden.

bayi (Deposit Photos)
bayi (Deposit Photos)

Setelah lahir, bayi menggunakan semua inderanya untuk mengenali Anda dan lingkungan di sekitar mereka, termasuk menggunakan indera penciuman. Sedangkan indera paling awal yang berkembang pada bayi adalah indera pendengaran, baru disusul indera penciuman.

“Sebelum bayi dilahirkan, mereka bisa mendengar suara Anda. Pertama kali Anda menyentuh mereka, bayi akanan mengenali suara Anda. Dalam beberapa hari kemudian bayi mulai mengenali aroma tubuh Anda,” jelas Dr. Rachel Levenson, Ph.D., Psikolog Klinik dan Forensik di klinik terapi Clarity yang berpraktik di New York, AS.

Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa bayi yang baru lahir mampu mengenal dan membedakan aroma tubuh ibunya dengan aroma ASI dan aroma tubuh orang lain. Ini pula sebabnya ketika bayi menangis, tangisan mereka bisa segera reda setelah digendong oleh ibunya lalu diberikan ASI.

“Pada hari ketiga, bayi bisa membedakan aroma ASI ibunya dan orang lain. Dalam seminggu, bayi Anda akan mulai mengenali Anda dan mengembangkan rasa keterikatan yang berkaitan dengan wajah Anda,” tandas Rachel Levenson.

(riz / ray)

Komentar