aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tip Hindari Stres Akibat Kurang Perencanaan Keuangan Jangka Panjang untuk Anak

Monday, 12 August 2019 20:45:00 WIB | Rizki Adis Abeba
Tip Hindari Stres Akibat Kurang Perencanaan Keuangan Jangka Panjang untuk Anak
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan keluarga jangka panjang. Selain mempersiapkan dana pendidikan anak hingga ke tingkat universitas, melengkapi asuransi jiwa, menabung dana pensiun, orang tua terkadang luput bahwa menyiapkan surat wasiat untuk anak juga merupakan bekal bagi anak agar aman secara finansial jika sewaktu-waktu orang tuanya tiada.

Lembaga konsultan keuangan keluarga di AS, Policygenius Parents & Money Survey, melakukan survey mengenai perencanaan keuangan yang dilakukan pasangan suami istri saat merencanakan untuk memiliki anak. Hasilnya menunjukkan, selain membuka tabungan rencana pendidikan dan asuransi jiwa pribadi, hanya sebagian kecil orang tua yang menyiapkan finansial anak-anak mereka dengan membuat surat wasiat. 

Padahal, dengan mempersiapkan rencana keuangan jangka panjang untuk anak, Anda bisa terhindar dari stres akibat masalah keuangan. “Hanya 20 persen dari orang tua yang sudah mempersiapkan finansial untuk anak yang merasa stres secara keuangan dalam membesarkan anak. Bandingkan dengan 45 persen orang tua yang kerap dilanda stres seputar masalah keuangan karena tidak membuat rencana keuangan yang matang sebelum memiliki anak,” ungkap Patrick Hanzel, konsultan keuangan Policygenius yang memimpin penelitian ini.

Tidak mengejutkan, orang tua saat ini banyak yang merasa stres secara finansial ketika dihadapkan dengan berbagai kebutuhan anak, mulai dari kebutuhan primer, biaya sekolah, hingga biaya rekreasi untuk anak. Karena itu, melalui penelitian ini Policygenius Parents & Money mengingatkan orang tua untuk tidak hanya mempersiapkan diri secara fisik dan mental saja ketika berencana memiliki momongan, namun juga membuat perencanaan keuangan jangka panjang.

Apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan diri secara finansial? Policygenius menyarankan agar Anda melakukan langkah-langkah keuangan sederhana, dimulai dengan membuat rencana anggaran belanja rumah tangga, meningkatkan tabungan dana pensiun, membuat tabungan rencana pendidikan, hingga menyiapkan asuransi jiwa. Mana yang sudah Anda lakukan? 

(riz)

Komentar