aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Cara Memilih Posisi Tidur yang Nyaman dan Ideal Untuk Ibu Hamil

Sunday, 11 August 2019 20:00:12 WIB | Rizki Adis Abeba
4 Cara Memilih Posisi Tidur yang Nyaman dan Ideal Untuk Ibu Hamil
Tidur saat hamil (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga dan perut semakin membesar, mencari posisi tidur yang nyaman menjadi masalah bagi para ibu hamil. Anda mungkin pernah merasakan ketika berbagai posisi tidur terasa serbasalah dan tidak nyaman. Lantas bagaimana menentukan posisi tidur yang nyaman dan sehat tidak hanya bagi ibu hamil, namun juga untuk bayi di dalam kandungan?

1. Bebas Tidur di Trimester Pertama

Bagi ibu hamil yang masih dalam periode trimester pertama, tidak ada batasan untuk menentukan posisi tidur selain tidur. Anda boleh tidur dalam posisi telentang, miring, bahkan tengkurap jika merasa masih nyaman. Namun ketika janin semakin besar dan rahim semakin berat, sudah waktunya mengubah cara tidur Anda.

2. Hindari Tidur Terlentang Setelah Trimester Kedua

Di trimester kedua dan ketiga, ibu hamil tidak disarankan tidur dengan posisi terlentang, karena akan membuat seluruh beban dari perut dan rahim tertumpu pada punggung, usus, dan vena cava atau pembuluh darah utama.

Walaupun tidur telentang mungkin terasa nyaman, hal itu dapat memperparah sakit punggung (yang umum terjadi pada kehamilan), mengganggu pencernaan, dan tidak ideal untuk sirkulasi atau aliran darah ke bayi. Walaupun tidur telentang untuk jangka waktu pendek sesekali tetap diperbolehkan, itu bukan posisi tidur terbaik saat hamil.

Tidur saat hamil (Deposit Photos)
Tidur saat hamil (Deposit Photos)

3. Keuntungan Tidur Miring Ke Kiri

Ketika memasuki trimester terakhir, Anda akan mulai merasa lebih nyaman jika tidur dalam posisi miring, entah ke kiri atau ke kanan. Posisi ini akan menjaga berat perut Anda yang semakin membesar agar tidak tertumpu di punggung. Dan posisi ini menguntungkan jika Anda mengalami rasa panas di perut atau bengkak di kaki dan pergelangan kaki. Posisi miring juga memperlancar aliran darah ke rahim.

Ketika perut semakin membesar, posisi tidur paling aman saat hamil sebenarnya menghadap ke sisi kiri. Posisi ini memungkinkan aliran darah dan nutrisi yang paling ideal ke plasenta Anda karena menempatkan sedikit tekanan pada vena cava Anda. Ini juga membantu mengoptimalkan fungsi ginjal Anda, yang berarti pembuangan limbah yang lebih baik dan mengurangi pembengkakan di kaki dan kaki Anda.

4. Tambahkan Bantal Untuk Kenyamanan

Tentu saja, Anda boleh tidur dengan menghadap ke sisi kanan jika merasa lebih nyaman. Namun tidur menghadap ke kiri merupakan posisi yang paling ideal. Untuk menambah kenyamanan, Anda bisa tidur dengan memeluk guling atau bantal khusus ibu hamil. Selain itu, Anda juga bisa mengganjal punggung Anda dengan bantal untuk memberi penyangga pada punggung.

(riz / ray)

Komentar