aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Banyak Orang Tua Tak Sadar Anaknya Bermain Gawai Terlalu Lama

Monday, 5 August 2019 22:45:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Banyak Orang Tua Tak Sadar Anaknya Bermain Gawai Terlalu Lama
Ternyata mayoritas orang tua mengaku tidak pernah benar-benar memeriksa gawai anak. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang tua mengkhawatirkan apakah penggunaan gawai oleh anak-anak mereka berlebihan dan aman untuk mereka. Sayangnya, kekhawatiran ini tidak dibarengi dengan tindakan memeriksa penggunaan gawai oleh anak. Bukan menuduh, namun ini hasil studi yang dilakukan oleh RS Components, perusahaan komponen listrik dan elektronik global di Inggris.

RS Components melakukan penelitian terhadap lebih dari seribu orang tua yang mempunyai anak berusia di bawah 16 tahun dan melihat bagaimana penggunaan gawai pada anak-anak mereka.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Peneliti menanyakan orang tua seberapa lama menurut mereka anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain gawai. Mereka juga bertanya bagaimana orang tua mempetimbangkan platform media yang boleh digunakan anak dan apakah mereka menyalakan fungsi kontrol orang tua. Terakhir, peneliti juga menanyakan apakah orang tua memeriksa gawai anak secara berkala.

Hasilnya mengejutkan. Lebih dari 50 persen dari orang tua berpikir bahwa anak-anak mereka menghabiskan waktu terlalu lama dengan gawai. Namun, orang tua tidak benar-benar tahu seberapa lama anak-anak sebenarnya menghabiskan waktu dengan gawai. Perkiraan orang tua, anak-anak mereka menghabiskan waktu sekitar satu jam per hari. Namun, perkiraan tersebut meleset jauh dari pengakuan anak-anak yang mengatakan rata-rata mereka menghabiskan waktu sekitar tiga jam sehari untuk bermain gawai.

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata mayoritas orang tua mengaku tidak pernah benar-benar memeriksa gawai anak. Meskipun orang tua mengaku merasa tidak nyaman dengan platform media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Twitter, sebagian besar orang tua tidak pernah benar-benar mengecek profil daring anak atau mengecek gawai secara keseluruhan.

(riz)

Komentar