aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Makin Cerewet, Ini Kemampuan Bicara yang Umumnya Muncul Ketika Anak Berusia 3 Tahun

Thursday, 18 July 2019 01:00:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Makin Cerewet, Ini Kemampuan Bicara yang Umumnya Muncul Ketika Anak Berusia 3 Tahun
Usia tiga tahun memang menjadi titik perkembangan bahasa yang paling pesat pada anak. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika anak memasuki usia tiga tahun, Anda akan banyak dibuat terkejut dengan perkembangan dan kemampuan-kemampuan baru yang muncul. Perubahan signifikan yang paling sering muncul, di usia tiga tahun biasanya anak akan mulai banyak bicara bahkan terkesan cerewet.

Kosakata mereka semakin kaya dan artikulasi bicara mereka semakin jelas. Anda juga sudah mulai bisa mengobrol dua arah dan membicarakan hal-hal yang dijelaskan lewat kalimat lengkap, bukan lagi kata per kata.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Usia tiga tahun memang menjadi titik perkembangan bahasa yang paling pesat pada anak. Di laman kesehatan dan parenting WebDB disebutkan bahwa di usia tiga tahun umumnya anak harus sudah mencapai kemampuan bahasa sebagai berikut:
- Mengucapkan nama dan usianya
- Bicara 250 hingga 500 kata
- Menjawab pertanyaan sederhana
- Bicara dalam kalimat berisi lima sampai enam kata dan berbicara dalam kalimat lengkap menjelang usia empat tahun
- Berbicara dengan artikulasi yang jelas meski mereka mungkin tidak paham apa yang dibicarakan
- Menceritakan cerita pendek yang dikarang sendiri.

Tentu saja, di usia tiga tahun anak mungkin masih sering terbalik dalam tata bahasa, menggunakan kata-kata yang kurang tepat, namun normalnya orang tua harusnya sudah bisa memahami sekitar 75 persen apa yang dikatakan anak berusia tiga tahun, tulis lama Kids Health.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Ini pula sebabnya, memasuki usia tiga tahun adalah saat yang paling tepat untuk benar-benar terlibat dalam obrolan dengan anak. Banyak-banyaklah berbincang dengan anak tentang apa saja yang mereka sukai.

Di usia tiga tahun, anak sudah punya kehidupan sosial dan kegiatan di luar rumah seperti bersekolah, bermain dengan teman sebaya, atau kegiatan lain bersama orang tua. Untuk memancing mereka berbicara, Anda bisa menanyakan kegiatan apa saja yang sudah mereka lakukan hari itu.

Anda bisa memancing mereka dengan pertanyaan, “Sapa saja yang kamu lakukan hari ini?”, “Apakah kamu senang di sekolah?”, “Apa kejadian yang paling seru hari ini?”, dan “Apakah kamu melakukan hal baik untuk orang lain hari ini?”

(riz/bin)

Komentar