aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Libur Sekolah di Tengah Cuaca Panas, Lindungi Kulit Anak dengan 5 Kiat Ini!

Tuesday, 25 June 2019 22:30:36 WIB | Rizki Adis Abeba
Libur Sekolah di Tengah Cuaca Panas, Lindungi Kulit Anak dengan 5 Kiat Ini!
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Libur sekolah telah tiba. Ini saatnya mengajak si kecil lebih banyak bermain di luar rumah.

Meski melakukan kegiatan di luar ruangan bisa memberi manfaat kesehatan, namun jangan lupa paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat membahayakan kulit anak. 

Ketika merencanakan mengisi liburan dengan melakukan kegiatan di luar rumah seperti berenang, bersepeda, bermain di taman hiburan, apalagi liburan ke pantai, perawatan kulit anak tidak boleh luput. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menghindari anak dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit anak.

Oleskan Tabir Surya

Mengoleskan tabir surya wajib hukumnya sebelum mengajak anak ke luar rumah. Ingat, kulit anak-anak biasanya masih sensitif dan membutuhkan perhatian khusus, terutama di tengah cuaca panas yang menyengat. Pilihlah produk tabir surya khusus anak-anak yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kanker kulit. Gunakan kembali jika dirasa kulit anak sudah basah karena keringat atau karena berenang.

Kenakan Kacamata Hitam

Lindungi pula mata anak dari sengatan sinar matahari yang menyilaukan mata dengan menggunakan kaca mata hitam. Pilihlah kaca mata dengan lensa yang mengandung anti UVA dan UVB untuk perlindungan maksimal.

Pilih Pakaian Nyaman

Di tengah cuaca terik, kulit akan lebih mudah berkeringat. Agar anak tetap merasa nyaman, pilihlah busana yang tepat. Mengenakan kaus tanpa lengan dan celana pendek bisa menjadi pilihan. Anda tetap bisa memilih pakaian berlengan untuk anak namun perhatikan kualitas bahannya. Pilihlah bahan katun yang tipis dan menyerap keringat. Kenakan pula topi untuk melindungi kepala agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Siapkan Air Minum

Dalam kondisi panas, tubuh akan lebih rentan kekurangan cairan. Jangan sampai anak mengalami dehidrasi dan membuat kulit mereka kering dan terbakar. Siapkan perbekalan berupa air minum yang cukup. Anda juga bisa menjaga kadar air dalam tubuh anak dengan membawa perbekalan berupa buah-buahan segar dan berair seperti semangka atau melon.

Pilihlah Tempat Teduh

Hindari berada di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Segeralah mencari lokasi yang teduh atau setidaknya tertutup bayangan pepohonan. Terlalu lama berpanas-panasan juga akan menyebabkan anak merasa tidak nyaman sehingga rentan mengalami tantrum.

(riz / gur)

Komentar